Minggu, 16 Desember 2012

RAHASIA SUKSES MENEMBUS PTN



PENGARUH IMPIAN TERHADAP POLA PIKIR ANDA
Ada dua jenis manusia didunia ini, orang  yang realis dan pemimpi.
Mereka yang realis tahu kemana akan pergi,
Mereka yang pemimpi telah sampai disana.
(Robert T. orben)
Impian besar akan mengubah cara berpikir Anda sehingga akan mengubah soal sesulit apapun menjadi mudah dimata Anda. Anda akan menemukan cara-cara tertentu secara otomatis untuk menjawab soal sesulit apapun.
Cara berpikir Anda yang lebih kreatif akan terbentuk dengan sendirinya. Anda akan mengubah anggapan bahwa hanya karena sesuatu selalu dikerjakan dengan cara tertentu maka hanya cara itulah yang harus dilakukan.
Masih ada ribuan cara terpampang didepan mata Anda sehingga Anda selalu mempunyai cara tersendiri untuk menyelesaikan sesuatu.
                Soal sulit yang biasa dijawab sepuluh baris bisa anda jawab dalam tiga baris. Hal ini akan terjadi karna pola pikir anda akan berubah dari tidak percaya sesuatu dapat Anda lakukan menjadi percaya sesuatu itu mampu anda lakukan.
                Kalau orang lain mampu menembus SNM-PTN, kenapa Anda tidak?? Anda juga mampu menembusnya. Orang lain yang sudah lulus SNM-PTN juga belajar tiga tahun di SMU, sama seperti Anda.
                Impian besar akan mengubah cara pikir terhadap kemampuan Anda sendiri. Anda akan percaya bahwa Anda mampu menembus SNM-PTN sehingga pikiran Anda akan mencari jalan keluar bagi Anda untuk membuktikan bahwa Anda mampu menembus SNM-PTN.
Sebaliknya bila Anda berpikir bahwa Anda tidak mampu menembus SNM-PTN, maka pikiran Anda juga akan membantu Anda mencari jalan keluar untuk membuktikan bahwa Anda tidak mampu menembusnya.
Inilah yang akan tejadi. terserah Anda untuk memilih yang mana, karna keberhasilan Anda berada didepan mata Anda. Anda mau meraihnya atau membiarkannya sirna.
                Anda lah yang memutuskan Anda menjadi apa. Dan yang terjadi pada Anda adalah seperti apa yang Anda bayangkan tentang diri Anda. Jika Anda membayangkan bahwa Anda lulus SNM-PTN di Fakultas ternama, itulah yang akan terjadi, tetapi jika Anda membayangkan sebaliknya, itu juga akan terjadi.
Apapun yang Anda pikirkan tentang diri Anda, akan menjadi kenyataan seandainya Anda benar-benar yakin. Keragu-raguan adalah penghambat potensi diri Anda dalam menjawab soal-soal SNM-PTN berlangsung.

“Tak ada kesuksesan tanpa kerja keras
(Wallahi, la najaha illa bil muhajadah)”






Jika ingin mengenai sasaran, kita harus membidik sedikit diatas sasaran tersebut,
Karen setiap anak panah yang meluncur  akan merasakan daya tarik bumi.
    (HenriWadsworth)
PRESTASI BESAR DITENTUKAN OLEH IMPIAN BESAR
            Karena tidak seorang pun akan mencapai lebih dari pada yang Ia tetapkan untuk dicapai, maka impikanlah masa depan Anda yang besar. Paling tidak Anda harus berani bermimpi untuk kuliah diperguruan tinggi bonafit ITB, UI, UGM, dan lain-lain.
Jangan cuma bermimpi untuk kuliah diperguruan tinggi yang belum mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Gambarannya adalah kira-kira seperti ini: Kalau Anda berusaha untuk loncat 5 meter maka tidak tertutup kemungkinan Anda mampu mencapainya jika Anda memang yakin. Karena keyakinan Anda akan mendorong lompatan Anda, secara tidak Anda sadari, menjadi lebih tinggi dari yang Anda bayangkan.
Ini terjadi di alam bawah sadar, yang mempunyai kekuatan jauh melebihi kekuatan fisik Anda. Seandainya Anda belum mampu melompat setinggi ini, pasti setengahnya mampu Anda raih.

                Coba seandainya Anda cuma bermimpi melompat 2,5 meter maka bila lebih dari itu pasti tidak mampu Anda raih karena Anda sudah memberikan batasan bagi diri Anda sehingga biarpun Anda punya kekuatan besar maka dia akan membatasi untuk hanya memakai seperlunya.
3
                Inilah yang akan terjadi pada diri Anda sekarang. kalau Anda mempunyai target lulus di teknik Elektro ITB yang passing grade-nya kira-kira lebih dari 60% maka Insya Allah kalau pilihan ini tidak lulus, maka Anda bisa lulus di Teknik Elektro USU yang Passing grade-nya sekitar 50%.
Coba Anda lihat. Jika Anda menargetnya untuk tembus di Teknik Elektro USU, hasilnya yang pertama Anda adalah Anda tidak mungkin menembus ITB karena kekuatan belajar Anda telah terarah hanya 50% , bukanya 60%. Yang kedua, kalau Anda tidak lulus di USU maka Anda punya peluang sangat kecil untuk bisa lulus ditempat favorit. Paling-paling Anda hanya akan mampu menembus Teknik Elektro Universitas yang belum punya stantar kualitas.
Hal ini terjadi karena semakin tinggi target Anda, maka secara tak sadar Anda akan terpacu untuk belajar sesuai dengan impian atau target yang Anda tetapkan. Jadi biarpun Anda tidak mampu menembus target yang tertinggi, di target pertengahan pasti Anda lulus.
Tetapi kalau Anda cuma menarget di pertengahan, belajar Anda juga akan terpacu ketingkat pertengahan dan kalau tidak sukses maka Anda akan jatuh di pilihan paling bawah. Jangan cuma menarget di teknik Elektro yang PIG-nya hanya 40% karena kalau target ini gagal maka tidak ada lagi tempat yang akan mau menampung Anda.
“Imajinasi jauh lebih penting dari pada pengetahuan. Imagination is more important than knowledge - Albert Einstein.


 






SATU DETIK MENENTUKAN LULUS SNM-PTN
Puncak karir orang besar tidak dicapai dalam waktu sekejab,
Namun pada saat rekan mereka tertidur, mereka tetap membanting tulang sampai larut malam,
(Henry Wadsworth)
            Sekarang adalah kata ajaib untuk mencapai sukses, sedangkan besok, lusa, minggu depan, nanti, suatu waktu hanyalah suatu kata yang mengantarkan kegagalan bagi Anda. Nah kalau Anda ingin menembus perguruan tinggi sesuai impian Anda, mulailah saat ini. Detik ini juga tanpa perlu menundanya, karena keberhasilan Anda dimulai pada saat ini, bukan esok hari.
Jangan pernah membiarkan sesuatu yang dapat Anda lakukan saat ini dihambat oleh pikiran bahwa Anda bisa melakukan besok.

- Next -
5
6
Sebenarnya kekuatan terbesar Anda berada pada keinginan untuk melakukan. Oleh sebab itu ketika rasa itu muncul dan pikiran Anda bergejolak untuk belajar, maka itulah waktu yang paling efektif untuk membuat Anda sukses.
                Sedetik saja Anda menunda dari keinginan tadi maka itulah awal dari kegagalan Anda menuju sukses menembus SNM-PTN, karena Anda tidak akan menemukan moment yang sepeti itu disetiap waktu.
Keinginan Anda yang mengebu-gebu untuk belajar tidak hadir setiap saat, tetapi hadir pada saat-saat tertentu yang tidak Anda duga sama sekali,
dan itulah kunci kesuksesan Anda yang sebenarnya.
Saat itu otak anda seperti kekurangan salah satu bahan untuk membuatnya seimbang, ketika otak Anda mengiginkan bahan itu untuk diisi, sedangkan Anda tidak melakukannya, maka bagian kosong itu akan diisi oleh bahan lain yang tidak sesuai dengan yang otak inginkan.
                Dengan demikian keseimbangan itu akan diperoleh dari bahan yang berbeda. Setelah itu otak Anda akan susah untuk menerima lagi yang di inginkan tadi.
                Untuk lebih jelasnya sebagai contoh, suatu ketika pikiran anda begitu mengebu-gebu untuk belajar kimia, tetapi Anda tidak memenuhinya maka otak Anda akan mengisi pelajaran kimia yang dia inginkan oleh hal-hal lain yang otak dapatkan secara tak sengaja.
                Seandainya ini sudah terjadi, hati Anda baru tergerak untuk belajar kimia, maka otak Anda tidak akan menerima pelajaran kimia seperti saat dia inginkan tadi, karena saat ini pelajaran kimia tidak lagi dibutuhkan oleh otak Anda. Pintunya sudah terkunci oleh bahan lain yang sudah masuk ketempat itu.

Nilai seseorang itu ditentukan dari keberaniannya memikul tanggung jawab, mencintai hidup dan pekerjaannya - Kahlil Gibran.

 




Tak ada kesuksesan tanpa kerja keras (Wallahi,la najaha illa bil muhajadah)






Sebuah pensil dan impian dapar membawa anda kemana saja
( J.Meyers )
JURUSAN DAN MASA DEPAN
Dalam memilih jurusan yang paling cocok bagi anda, problema yang harus anda pikir adalah sejauh mana jurusan yang anda ambil  akan mampu menyukseskan anda kemasa depan, sejauh mana prospek yang dia berikan, dan sebesar apa peluang karier yang akan diberikan ketika anda sudah selesai disana.
Anda harus menyelaraskan antara keinginan dengan kemampuam anda. Kalau seandainya anda ingin menjadi seorang dokter tetapi anda tidak menyukai pelajaran biologi, maka hal ini akan menghambat anda mencapai impian.
Juga bila anda ingin menjadi seorang arsitek tetapi anda tidak punya kemampuan yang memadai dibidang fisika ataupun matematika, maka jurusan yang anda ambil tidak akan membawa anda kepuncak kesuksesan. Tapi bila antara keinginan dan kemampuan anda sejalan, maka ia dapat membawa anda menuju tingkat keberhasilan yang luar biasa.
Memilih jurusan bukan sebuah gengsi, tetapi harus merupakan perpaduan antara keinginan, kemampuan dan kecakapan Anda dibidang yang akan diminati dengan keinginan anda sendiri yang sesuai dengan perilaku.
Sesuatu jurusan yang akan dipilih harus benar-benar bisa Anda jiwai sehingga dimanapun pilihan Anda, hal itu tetap akan membuat Anda jadi the best. Inilah salah satu kunci keberhasilan Anda.
Sebenarnya Anda boleh kuliah dijurusan manapun dengan syarat Anda benar-benar menyukainya. Dengan begitu pasti Anda akan terdorong mempelajarinya, sehingga sangat kecil kemungkinan bahwa sesuatu yang Anda sukai tapi tidak Anda pahami.

Yang pasti adalah kalau kita sudah menyukai sesuatu, biarpun itu susah, akan segera berubah menjadi mudah dimata kita. Menyukai sesuatu pasti karena ada daya tarik kuat yang terus menarik kita untuk mendekatinya. Alhasil kita akan mencari tahu semua seluk-beluknya sehingga akan menjadi lebih mudah untuk kita dekati.
Ini sama kejadian saat Anda masih dimasa-masa remaja, ketika Anda menyukai seorang seorang gadis karena daya tariknya yang begitu kuat. Anda pasti akan mencari tahu semua hal tentang cewek itu, siapa namanya, alamatnya, kesukaannya, dan semua hal yang yang berhubungan dengan gadis tadi sehingga terkumpul semua imformasi tentang dia. Saat itu Anda akan tahu bagaimana cara mendekatinya yang paling tepat, melalui kawan atau langsung kerumahnya.
Seandainya kawan Anda bertanya tentang dia maka dengan mudah Anda akan menjawabnya. Tetapi coba Anda tanya pada salah seorang yang tidak akan banyak tahu. Hal ini juga terjadi dengan keinginan Anda untuk menjadi apa dan didukung dengan jurusan apa yang akan mengantarkan Anda kesana.
Dalam hati kecil anda sejak kecil pasti kecil pasti sudah terbentuk sebuah keinginan besar untuk menjadi apa, misalnya mau menjadi dokter, direktur perusahaan, atau apapun yang anda impikan.
Anda boleh memimpikan menjadi apa saja. Bahkan anda boleh mengimpikan untuk menjadi  presiden sekalipun, karena, itu adalah hak anda. Anda harus tahu kalau awal dari semuanya dimulai dari impian besar.
Tidak mungkin Anda menjadi orang besar kalau anda cuma mengimpikan untuk menjadi orang kecil.

Orang yang selalu mendekatkan dirinya pada Tuhan, tidak akan mudah merasa Hidupnya tertekan - Abdullah Gym.
 





Sekiranya Anda menemukan jalan yang tak ada rintangan,
Ia mungkin tak akan membawa anda kemana-mana.
(FA. Clark)
FENOMENA SEPUTAR SNM-PTN
SNM-PTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namanya bisa saja berubah setiap tahun nama ini merupakan nama terakhir. Nama sebelumnya adalah Proyek Perintis, Skalu, Sipenmaru, UMPTN, SPMB, dan baru SNM-PTN sekarang ini.
                Yang jelas bukan namanya yang penting, tetapi bagaimana Anda mampu menembusnya dan memenangkan persaingan dengan ribuan siswa lain yang juga mempunyai kesempatan yang sama.
                Sampai saat ini SNM-PTN masih menjadi suatu misteri yang tidak henti-hentinya dibicarakan. Anda mungkin pernah mendengar tentang seseorang yang dianggap bodoh di kelas tetapi ternyata lulus di tempat favorit, sementara yang pintar di kelas justru tidak lulus. Memang menembus SNM-PTN tidak semata-mata tergantung kemampuan akademis, tetapi strategi dan pengisian lembar komputer sangat berperan.
Boleh jadi Anda yang pintar tetapi salah strategi dalam memilih jurusan atau salah mengisi biodata. Otomatis Anda tidak lulus. Pemeriksaan dengan menggunakan komputer memang lebih praktis karena puluhan ribu jawaban peserta bisa diperiksa dalam waktu kurang dari sebulan, Kalau mengandalkan cara konvensional tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama. namun kesalahan kecil saja dalam pengisian data bisa membuat Anda tidak lulus.
                Karena itu do’a dan kenyakinan Anda sangat menentukan lulus tidaknya Anda di SNM-PTN. Pintar saja tidak cukup. Ada yang mengatakan kalau lulus SNM-PTN nasib, tetapi nasib Anda juga bisa berubah dengan usaha besar disertai Do’a.

10
                Anda yang merasa bodoh di kelas pun tidak perlu pesimis. Anda juga punya harapan dan kesempatan yang sama untuk lulus. Jangan jadikan kebodohan Anda tambah menghambat kemampuan Anda yang biasa-biasa saja, tetapi jadikan kebodohan Anda sebagai ujung tombak untuk membakar semangat belajar serta membangkitkan seluruh kekuatan yang ada pada diri Anda.
Ingat bahwa setiap orang punya kekuatan dahsyat dalam dirinya, tetapi rata-rata tidak tahu bagaimana menggunakan kekuatan itu, bagaimana membangkitkan potensi diri, sementara yang Anda anggap pandai di kelas adalah orang sudah tahu kalau dalam dirinya ada suatu potensi sehingga mereka betul-betul menggunakanya secara maksimal.
                Anda yang merasa pintar di kelas juga jangan terlalu berbangga diri dengan kemampuan Anda. Untuk lulus SNM-PTN bukan pintar saja yang dibutuhkan. Anda yang pintar bukan berarti sudah pasti lulus. Anda hanya sudah punya satu modal untuk lulus di SNM-PTN. Anda masih harus menambahnya dengan strategi, usaha dan Do’a Anda.
Berbagilah ilmu yang Anda dapatkan jika Anda memang di anggap pintar di kelas. Dengan berbagi kemampuan bukan saja akan menambah ilmu bagi Anda, tetapi juga akan membantu Anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. Secara tidak Anda sadari setiap pribadi yang Anda bantu akan mendo’akan Anda lulus SNM-PTN di manapun yang Anda inginkan.
Tetapi kalau Anda pelit. Secara tidak Anda sadari juga akan menghambat Anda. Ketidaksukaan kawan-kawan Anda karena pelitnya ilmu Anda atau sombongnya Anda akan menghambat Anda untuk menjawab soal saat SNM-PTN berlangsung.
                Ada juga saat SNM-PTN berlangsung, tidak mempersiapkan diri sedikitpun. Mereka memikirkan cara lain, yaitu dengan ikut joki. Memang ada di daerah-daerah tertentu yang marak dengan joki setiap tahunnya. Siswa tertipu karena joki minta uang hangus yang besarnya jutaan rupiah. Kalau tidak lulus uangnya tidak dikembalikan.
                Joki bukan penentu Anda lulus. Joki hanya memberi jawaban yang belum tentu benar, malahan karena jawaban Anda sama dengan peserta lain, Anda Akan di-black list, tidak akan lulus dimana-mana. Padahal Anda masih bisa lulus di pilihan kedua. jangan pernah terayu dengan joki, Yakinlah pada kemampuan diri Anda sendiri.            Yakinlah diri kalau anda di takdirkan untuk lulus SNM-PTN. Anda mampu bersaing dengan orang lain karena Anda juga punya potensi dan strategi untuk lulus.
Setiap kali Anda jujur dan memimpin diri sendiri dengan kejujuran, daya kesuksesan akan mendorong Anda menuju keberhasilan yang lebih besar.
Setiap kali Anda berdusta, walaupun dengan dusta yang kecil,
akan muncul daya kuat yang mendorong anda kepada kegagalan.
(Joseph Sugarman)


 
KEKUATAN TUJUAN

Apabila sudah memiliki tujuan yang jelas ‘
Anda akan lupa dengan makan pagi anda
(Bill Gates)
Anda harus memliki tujuan yang pasti untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Konsepnya adalah bila Anda punya satu tujuan maka arah pikiran Anda akan ditujukan ke satu titik dari hari ke hari. Hal ini akan menimbulkan kekuatan dahsyat bagi Anda untuk men­capai apa yang Anda impikan.
Misalnya Anda ingin lulus di Institut Teknologi Bandung (ITB), arahkan selalu pikiran Anda ke sana. Kumpulkan segala informasi tentang ITB, apapun yang berhubungan dengan yang namanya ITB. Mulai dari sini Anda akan mengetahui bahwa ITB hanya membutuhkan. mahasiswa yang punya intelektual yang tinggi.
Dan sini secara tidak Anda sadari pikiran Anda akan terpacu untuk menjadi intelek. Setelah itu Anda harus meyakinkan diri bahwa Anda memang pantas lulus di sana dan Anda harus merasakan bahwa Anda memang mampu bersaing.
Berpikir tentang satu tujuan akan memberikan seribu jalan bagi Anda untuk mencapai tujuan itu. Kalau Anda tidak percaya, Anda boleh mencoba. Kita itu akan menjadi seperti apa yang kita bayangkan saat ini.
Anda berpikir dan selalu memimpikan kalau Anda akan menjadi salah satu dari sarjana lulusan fakultas faforit, maka itulah yang akan terjadi. Anda akan mendapatkan apa yang menurut anda pantas anda dpt.

RAHASIA KEKUTAN TEKAD
Kalau seseorang menuju dengan yakin kearah impian-impianya
Dan berusaha untuk mewujudkan hidup yang telah di imajinasikan ,
Ia akan bertemu dengan kesuksesan yang terduga dalam waktu wajar.
(Henry David Thoreau)
Kalau anda sudah bertekad kuat untuk menembus SNM-PTN, maka secara tidak anda sadari, cara mencapainya akan muncul secara otomatis. Anda mungkin tidak percaya akan hal ini, tetapi kalau anda mencobanya dengan penuh keyakinan, pasti cara-cara yang paling tidak anda duga akan muncul didepan mata anda.
Sebagai contoh, sebelum saya ikut tes Tofel untuk seleksi Pengiriman guru Ke-malaysia Pada Tahun 2005, seminggu sebelum tes saya merasa begitu siap dan begitu yakin dengan kemampuan saya untuk pelajaran Bahasa Inggris. Saya tidak pintar Bahasa Inggris  tetapi juga tidak bodoh-bodoh amat.
Yang saya lakukan adalah menanamkan dalam pikiran saya bahwa pelajaran Bahasa Inggris  itu mudah. Saya membayangkan kalau saya bisa menjawab semua soal Bahasa Inggris  sehingga otak saya betul-betul terfokus pada Bahasa Inggris.
Pada saat tes berlangsung, saya membuka halaman Bahasa Inggris terlebih dulu. Saya melihat bahwa soal-soal itu begitu mudah. Pikiran saya seolah-olah merasakan kalau hampir semua soal yang keluar mirip soal-soal yang sudah pernah saya pelajari sehingga soal yang belum pernah saya bahaspun bisa saya jawab dengan cara-cara praktis yang muncul saat itu juga. Saya sendiripun merasa heran mengapa terasa begitu mudah untuk menjawabnya sehingga Akhir nya saya  lulus dan dapat berangkat untuk belajar kemalaysia

Saya merasa kalau hal itu merupakan hasil peng­kondisian pikiran saya yang menganggap tak ada soal  yang Bahasa Inggris sulit. Pikiran saya terfokus pada satu tujuan, yaitu Bahasa Inggris itu mudah, sehingga kekuatan pikiran saya bisa maksimal untuk menjawab Bahasa Inggris Hal inilah yang menyebabkan soal  yang Bahasa Inggris sulit itu berubah jadi mudah di mata saya.
Dalam kehidupan sehari-hari ataupun di sekolah, Anda mungkin pernah mengalami hal ini. Ketika Anda merasa yakin untuk melakukan sesuatu akan muncul cara baru yang lebih praktis dibandingkan cara yang Anda yakini sebelumnya. Ada juga saat Anda merasa frustasi di mana apa yang Anda yakini tidak terjadi. Yakinlah akan terjadi hal baru yang jauh lebih bagus dari yang Anda yakini.

Kontes yang sebenarnya selalu berada antara
apa yang telah anda lakukan dengan apa yang mampu anda lakukan.
Ukurlah diri anda terhadap diri sendiri dan bukan dengan orang lain.
(Geoffrey Gabarino)

 









PENGARUH IMPIAN BESAR TERHADAP ALAM BAWAH SADAR
Keajaiban dari bermimpi yang kratif adalah bahwa
Dia benar-benar membantu anda memperoleh apa yang anda inginkan,
(Spencer Johson,MD)

Tingkat kesuksesan anda ditentukan oleh seberapa besar impian Anda. Jika anda ingin menjadi seorang presiden, pikiran Anda akan mengantarkan Anda sedikit demi sedikit ke arah sana.

- Next -
15
16
Anda harus menanamkan impian untuk bisa menembus ITB atau UI yang merupakan Perguruan Tinggi Bonafit, di jurusan yang paling tinggi passing grade-nya sekalipun. Jangan takut Anda tidak mampu menembusnya. Kalau Anda sudah punya impian besar maka rasa takut Anda akan dikalahkan oleh kekuatan impian Anda.
Inilah keajaiban mempunyai impian, kita lebih cepat mencapai apa yang kita inginkan sebelum menjadi kenyataan, Karena setiap orang yang sudah Sukses menembus SNM-PTN, mereka sebelumnya pasti membayangkan bahwa mereka sudah menjadi mahasiswa dari Universitas yang mereka idamkan.
Pada tahun 2004, ketika teman saya (Erhas ) mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), Erhas  membayang­kan terlebih dahulu kalau   dia  sudah lulus di sana dan saat pengumuman berlangsung nama Erhas  tercantum di Fakultas Kedokteran Unsyiah. Erhas membayangkan kalau dia begitu gembira membaca pengumuman.
Erhas begitu yakin bahwa dia akan menjadi salah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran, Erhas terus ber­usaha meyakinkan diri dia . Biarpun sesekali keyakinan dia luntur tetapi dia tidak mau larut dalam ketidak­yakinan. dia mau keyakinan selalu berakar di hati nya. Rupanya hal ini menjadi suatu perintah pada alam bawah sadar dia untuk mewujudkan impian dia  sehingga  Erhas benar-benar lulus di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. dan sekarang dia sudah menyelesaikan kuliah dengan baik dan sudah diangkat menjadi seorang Dokter Di Aceh Jaya
Anda harus tahu bahwa alam bawah sadar punya kekuatan paling dahsyat untuk mewujudkan impian Anda, tapi sebelumnya Anda harus memasukkan dulu program apa yang Anda inginkan ke alam bawah sadar Anda. Program yang dimasukkan harus jelas dan tegas. Jika Anda kurang yakin dengan program yang Anda masukkan maka alam bawah sadar tidak akan mampu mewujudkannya karena perintahnya tidak jelas.
Alam bawah sadar ibarat komputer, program terkendalikan. Kalau Anda memprogram lulus SNM-PTN itu yang terjadi, Jangan pernah ragu biarpun di hati kecil. Keraguan diterima alam bawah sadar sehingga energi untuk menembus SNM-PTN jadi terhambat.
Masalah yang paling malang dan berbahaya dalam setiap situasi bagi seseorang adalah.. Apabila ia tidak tahu apa yang harus ia perbuat - Napoleon Bonaparte.

 









KIAT SUKSES DENGAN KEKUATAN PIKIRAN
OTAK ANDA ADALAH RAKSASA YANG LAGI TIDUR
(Tony Buzan)
Hidup ini seperti apa yang anda pikirkan, maka berpikirlah kearah yang baik supaya kehidupan Anda mengarah ke sana. Berpikir bahwa Anda pasti lulus SNM-PTN akan mendatangkan kekuatan ekstra yang akan mengejutkan Anda. Kekuatan itu akan jauh melebihi kekuatan filsik Anda selama ini.
Kesuksesan itu dimulai dan berpikir. Dengan berpikir sukses saja maka sudah setengah jalan menuju ke arah sukses, tinggal ditambah sedikit usaha yang berkualitas sehingga sukses akan menanti di depan mata Anda.
Hidup Anda saat ini merupakan hasil pemikiran Anda di masa lalu, dan masa depan merupakan hasil pemikiran Anda saat ini.
Coba Anda bayangkan pada saat Anda masih SMP, Anda pasti pernah berpikir untuk mengenyam pendidikan di SMU yang Anda jalani sekarang. Saat itu Anda mulai punya target untuk diterima di SMU favorit dan itulah yang terjadi sekarang. Anda lulus di SMU yang Anda pikirkan saat itu.
Tidak mungkin saat Anda berada di kelas 3 SMP tetapi belum tahu SMU mana yang akan Anda tuju. Saat itu kalau SMU yang Anda tuju adalah SMU favorit di kota Anda, tentunya pikiran Anda terdorong untuk mendapatkan nilai akhir yang memuaskan supaya Anda dapat diterima.
Tapi coba kalau saat SMP Anda tidak memiliki tujuan SMU mana yang akan Anda tuju, pasti Anda akan santai, tak memikirkan berapa nilai akhir yang harus Anda capai supaya Anda lulus di SMU. Hasilnya, nilai Anda pasti jelek sehingga Anda diterima di SMU yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.
Untuk mencapai sesuatu, apapun yang Anda impikan, Anda harus mengakar kuat di relung hati. Kalau sudah seperti ini maka seribu jalan akan tercipta bagi Anda untuk mencapainya.


Jika Anda selalu berpikir tentang Kegagalan, maka Anda akan mendapatkannya. Milikilah Pikiran positif dan kuasailah Pikiran Anda dengan Rasa Percaya Diri dan Keyakinan. Inilah cara untuk mempertegas tindakan, Cara untuk memperkaya prestasi dan Cara menghidupkan pengalaman
(Swarmi Sivanada)


 






RAHASIA KEKUATAN MOTIVASI

Kekayaan bukanlah persoalan kecerdasan
Melainkan persoalan inspirasi.
(Jim Rohn)
Setiap tahun, pada saat SNM-PTN dilaksanakan, pasti banyak siswa yang mengeluh karena kalah bersaing. Sebenarnya mereka tak perlu seperti itu bila sudah tahu rahasia di balik kesuksesan menembus SNM-PTN. Anda tidak akan lulus kalau tanpa berusaha atau sekedar berpikir untuk berusaha. Hasil yang akan Anda peroleh sesuai dengan usaha yang Anda lakukan.

- Next -
19
20
Berpikir juga termasuk usaha karena energi yang keluar dari berpikir jauh lebih besar dari kerja fisik tetapi Anda juga harus menyelinginya dengan tindakan yang merealisasikan apa yang Anda pikir.
Untuk menembus SNM-PTN, Anda harus memiliki password. Tanpa ini sangat kecil kemungkinan Anda akan sukses, Pasword itu adalah motivasi. Inilah kata ajaib yang melahirkan komitmen. Dengan sendirinya komitmen inilah yang akan membantu membuat impian Anda menjadi realitas.
Tetapi yang banyak terjadi pada siswa adalah jiwa mereka tidak tersentuh oleh suatu impian ataupun cita-­cita sehingga secara tidak mereka sadari akan membuat mereka gagal menembus SNM-PTN. Kadang pikiran Anda membeku dan tertidur pulas. Makanya perlu Anda bangunkan. Kalau dia Anda biarkan tertidur, kapan pikiran anda sanggup menghancurkan pintu misterius SNM-PTN.
Kalau dipikir-pikir Andalah raja dari pikiran Anda sendiri. Tindakan Anda sangat tergantung pada pikiran Anda, tinggal sekarang Anda mengelola dia menjadi suatu cahaya yang mampu menerangi seisi dunia sehingga akan membuat terang mata Anda untuk melihat di mana tersembunyi kunci pintu gerbang SNM-PTN.
Sukses hanya akan datang kepada orang yang betul-­betul menginginkan. Oleh sebab itu bermimpilah bahwa Anda akan sukses. Dengan begitu sukses itu akan datang menghampiri Anda. Salah satu hal yang perlu Anda sadari adalah bahwa Anda punya kekuatan dahsyat yang tersembunyi di balik kelembutan Anda. Inilah yang perlu Anda bangkitkan. Anda akan sulit menembus SNM-PTN bila Anda tidak pernah berpikir bahwa Anda mampu menembusnya. Yang harus Anda lakukan adalah menciptakan keyakinan di dalam hati bahwa Anda mampu melakukannya. Dengan begitu seluruh kekuatan yang ada pada diri Anda akan bersatu untuk mewujud­kannya.
Kalau Anda sudah berpikir dan berkeyakinan bahwa Anda akan sukses di SNM-PTN maka sudah setengah jalan bagi Anda untuk sukses di sana. Hanya dengan berpikir Anda sudah 50% lulus, tinggal Anda tambah sedikit belajar. Modal Anda sudah cukup.
Tetapi bila Anda pikir sebaliknya maka sebaliknyalah yang akan terjadi. Sekarang tinggal Anda pilih, kehidup­an Anda mau Anda arahkan ke mana.
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang di idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan ADALAH cara gembira menuju kegagalan - Mario Teguh.

 






KIAT SUKSES SNM-PTN DENGAN KATA HATI

Jangan bikin aku berjalan ketika aku ingin terbang
(Galina Bolva)
Sebelum anda menghadapi momentum yang lumayan besar untuk sejarah hidup Anda, coba tanamkan dalam relung hati Anda bahwa:
” Aku mampu menembus fakultas terfavorit yang kuimpikan pada SNM-PTN kali ini."
Sekarang coba ucapkan kata-kata itu sesering mungkin. Anda akan terkejut akan keampuhannya yang luar biasa, yang akan sanggup mengubah hidup Anda ke arah yang lebih baik.
Anda akan menjadi mahasiswa seperti yang Anda inginkan. Ketika hati kecil sudah mengucapkan kata-kata seperti di atas maka seluruh kekuatan bawah sadar Anda akan bersatu untuk mewujudkan impian itu.
Ketika pimpinan Anda, yaitu hati kecil Anda, sudah mengatakan bahwa Anda lulus SNM-PTN maka seluruh sel dalam tubuh Anda akan mengikuti pimpinannya. Mereka akan berpacu membantu sang hati kecil untuk menemu­kan impiannya supaya lulus.
Begitu juga sebaliknya. Ketika hati kecil mengucap­kan "Saya takut menghadapi SNM-PTN," maka seluruh sel dalam tubuh Anda juga akan merasa takut dan lemas terkulai tanpa kekuatan untuk bangkit.
Kekuatan itu timbul karena pengaruh alam bawah sadar Anda. Alam bawah sadar memang tidak tampak tetapi dia ada. Sebagai contoh, ketika kita dikejar anjing saat masuk rumah orang, maka pagar setinggi apapun akan mampu kita lompati.
Coba Anda ulangi lompatan tadi tetapi tanpa anjing yang mengejar. Pasti Anda tidak akan mampu. Jadi jelas kalau kekuatan di atas muncul karena ada faktor pemacu, yaitu dikejar anjing. Sekarang coba Anda datangkan kekuatan bawah sadar Anda untuk menembus SNM-PTN dengan impian sebagai faktor pemacu.
“Pikiran bukan sebuah bejana untuk diisi tapi api untuk dinyalakan”
(Plutrach)
 












KESALAHAN FATAL YANG MEMBUAT GAGAL

Masalah tidak dapat dipecahkan dengan kecerdasan yang  sama dengan digunakan  untuk menciptakanya.
(Afben Einstein)
Setiap tahun puluhan ribu lebih siswa yang ikut SNM-PTN, tapi hanya sebagian kecil dari mereka yang diterima. Jauh lebih besar yang tidak diterima dibanding yang diterima.
Ini dikarenakan bangku yang tersedia di perguruan tinggi sangat kecil dibandingkan  jumlah siswa yang tamat tiap tahun. Sebenamya sebagian besar yang tidak lulus bukan semata-mata karena kemampuan yang kurang, tetapi karena kesilapan dalam mengisi formulir komputer.
Hal yang paling sering membuat kesilapan para siswa adalah nama, tanggal lahir, dan nomor ujian. Oleh karena itu ketiganya harus Anda perhatikan dengan tingkat ketelitian yang tinggi.
Penyebabnya karena pada form biodata dan lembar jawaban komputer terdapat ketiganya sehingga nantinya komputer akan menyamakan antara form biodata dengan LJK, dan apabila tidak sesuai maka akan langsung di-black list.
1.NAMA PESERTA SNM-PTN
Nama Anda begitu penting saat SNM-PTN berlangsung. Siapapun nama Anda, baik nama itu panjang atau pendek, sangat menentukan tingkat kelulusan Anda. Nama yang pendek akan terasa mudah tetapi adakalanya karena ketidak telitian dapat membuat Anda gagal, yaitu bila ada ketidak-cocokan antara form biodata dengan lembar jawaban komputer.

Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa pengisian nama di form biodata harus sama dengan nama dilembar jawaban. Meski hanya satu huruf yang beda, hal itu akan membuat seratus persen Anda gagal biarpun Anda mampu mencapai skor yang tinggi. Anda boleh punya nama apapun atau Anda boleh menulis nama sesuka Anda di form biodata, tapi syaratnya Anda harus menulis nama yang persis sama antara di biodata dengan di lembar jawaban.
Sebagai contoh, Anda punya nama Vinny Revina Munar. Nama ini terlihat begitu panjang. Anda boleh menyingkatnya menjadi Vinny RM atau Vinny Revina M. Tetapi Anda harus ingat kalau sudah menulis nama singkat di form biodata, yang Anda arsir dengan pensil 2B. Anda juga harus menulis nama singkat tersebut di kartu ujian.
Tujuannya supaya Anda tidak lupa pada saat Anda mengikuti ujian, apa Anda tulis penuh atau singkat, sehingga Anda bisa langsung melihat di nomor ujian, seperti apa yang Anda buat. Ini akan memudahkan Anda menulis nama yang persis sama di lembar jawaban komputer.
Kesalahan sering terjadi pada ketidak-samaan antara nama di form biodata dengan lembar jawaban komputer karena siswa sering kali menulis nama singkat, baik disengaja atau tidak. Misalnya setelah seorang siswa menulis nama singkat di form biodata lalu dia menulis nama lengkap di lembar jawaban karena lupa. Ini salah satu kesalahan fatal yang tidak perlu terjadi.
Ini bukan berarti Anda tidak boleh menulis nama yang panjang. Anda boleh menulis nama sepanjang apapun dengan syarat Anda menulisnya dengan tulisan yang sama pada form biodata dan lembar jawaban komputer.
Ada satu kesalahan lagi yang sering terjadi saat SNM-PTN berlangsung, yaitu nama seseorang yang memiliki huruf "Y". Misalnya namanya Meggy. Kadang di form biodata ditulis dengan huruf "y" tetapi di lembar jawaban tertulis meggi. Jadi huruf "y" diganti dengan huruf "i".
Hal ini merupakan kesalahan besar, mungkin karena gugup dengan ujian atau terburu-buru. Anda harus santai. saat menulis hal ini karena merupakan hal yang paling menentukan kelulusan Anda. Seandainya Anda terburu-­buru dan hasilnya salah, biarpun Anda memiliki skor tinggi, Anda tetap tidak akan lulus.

Komputer memang alat canggih tetapi dia adalah robot, sehingga tidak punya perasaan untuk membantu manusia bila manusia punya kesalahan sedikit saja. yang komputer tahu, data yang ada di form biodata harus sama persis dengan lembar jawaban. Kalau tidak, dia akan langsung mem-black list.
2.NOMOR UJIAN SNM-PTN
Nomor ujian merupakan hal ke-dua yang sangat penting untuk diperhatikan. Tingkat kepentingan nomor ujian sama dengan nama peserta. Nomor di form biodata tidak perlu Anda persoalkan karena sudah terisi langsung tanpa perlu lagi Anda mengarsirnya. Yang perlu sekali Anda perhatikan adalah nomor di lembar jawaban komputer.
Anda harus mengarsir sebaik-baiknya sehingga tidak ada satu angka pun beda dengan nomor di formulir biodata. Bila Anda salah atau terjadi kesilapan, hal itu akan sangat merugikan Anda sendiri.
Pada saat pengumuman SNM-PTN berlangsung yang ditampilkan adalah nomor dan nama peserta sehingga kalau nomornya tinggal satu angka atau Anda mengarsir terlalu tipis pada salah satu angka akan menyebabkan komputer tidak bisa membaca angka tersebut. Yang terbaca adalah nomor lain yang tidak ada di data. Di sini komputer akan mem-black list juga.
3.TANGGAL LAHIR
Di antara 3 hal yang perlu diperhatikan, yang sangat penting saat ujian SNM-PTN berlangsung adalah Tanggal Lahir, karena ketiganya ada di form biodata dan di lembar jawaban komputer, sehingga betul-betul harus diperhatikan supaya tidak terjadi sedikitpun kesalahan dalam pengisiannya.
Tanggal lahir harus benar-benar Anda perhatikan karena sering terjadi kesalahan pada saat ujian berlangsung. Hal ini rata-rata terjadi pada anak desa yang datang ke kota hanya, untuk mengikuti ujian tanpa bekal cara pengisian komputer sedikitpun.

Mereka sama sekali tidak pernah ikut bimbingan test ataupun Try Out (TO) yang sangat berguna, setidaknya untuk latihan dalam menggunakan pensil 2B dan mengasah kebiasaan agar dapat mengisinya.
Namun demikian hal ini juga sering terjadi pada anak kota. Bukan karena mereka tidak mengerti tetapi karena kesilapan akibat terlalu meremehkan, seolah tidak begitu penting, ataupun terburu-buru.
Kesalahan yang sering terjadi berupa kesilapan dalam mengarsir tanggal lahir. Biasanya, secara tidak sengaja sering tanggal lahir tertulis tanggal mengikuti ujian. Sebenarnya, di lembar jawaban tidak ada kolom untuk tanggal hari ujian sehingga tidak perlu diarsir.
Misalnya seseorang lahir tanggal 8 Juli 1987, tapi di lembar jawaban secara, tak sengaja dia mengarsir 7 juli 2005, sehingga antara form biodata dan lembar jawaban tidak sama.
Kalau hal ini terjadi, biarpun Anda bisa menjawab 80% Anda tidak bisa lulus di fakultas manapun. Jangankan ke UI, ke fakultas yang paling rendah PIG-nya saja tidak akan lulus. Ini karena data Anda, sudah di-black list. Anda dianggap tidak punya data sehingga, tidak bisa diproses.
Iwan adalah salah satu siswa yang mendapat juara, umum di salah satu SMU favorit di NAD. Pada saat kelas 3 dia ditawari untuk masuk jalur tanpa tes di UGM, tetapi dia menolak dengan alasan dia mau menguji kemampuannya.
Iwan begitu yakin dengan kemampuannya dan memang tidak seorangpun di sekolahnya yang meragukan kemampuan dia, baik itu guru ataupun siswa lainnya. Iwan adalah sosok siswa yang pemah menjadi juara umum dalam olimpiade matematika se-NAD. Setiap diadakan Try Out Oleh Bimbingan manapun di NAD, nama dia pasti terpampang di urutan paling atas, baik uratan pertama atau paling tidak dia selalu menjadi lima besar.
Di kelasnya dia seorang pahlawan, Kalau ada kawannya yang tidak mengerti, pasti dia yang menjadi sasaran untuk bertanya, dan dia selalu mampu menjawab pertanyaan sesulit apapun. Kalau dia tidak mampu maka dia akan menghabiskan waktunya untuk mempelajari sampai mendapatkan jawabannya.
Keinginan Iwan adalah menembus fakultas favorit di ITB. Dia sangat menginginkan lulus di Teknik Informatika ITB yang terkenal Passing Gradenya begitu tinggi.

Kebetulan Iwan tamatan tahun 1999. Setelah mengikuti tes selama 2 hari, dia datang ke salah satu bimbingan tes untuk mengecek jawabannya di sana. Setelah diperiksa, passing gradenya mencapai 73%, Suatu hasil yang begitu mencengangkan dibandingkan dengan Wandi, kawan dia satu kelas yang cuma mem­peroleh Passing Grade 44%.
Tapi apa yang terjadi??? Pada saat pengumuman berlangsung, Iwan tidak lulus di fakultas manapun, padahal pilihan keduanya adalah Fakultas Kedokteran Unsyiah yang PIG-nya cuma 40 % sedangkan dia bisa menjawab 73%. Wandi saja yang hanya memiliki PIG 44% lulus di Fakultas Kedokteran Unsyiah. Coba Anda tebak di mana kesalahan dia??
Rupanya setelah berhari-hari Iwan menghabiskan waktu sambil menangis tidak percaya akan apa yang sudah terjadi, dia baru tersadar. Terlintas dalam bayangannya, bahwa dia mengarsir tanggal hari ujian di lembaran jawaban bukannya tanggal lahir. Dia menulis 7 juli 1999, bukannya 14 Juli 1980
Apa dikarenakan Iwan lahir bulan juli sehingga mudah terpengaruh atau bukan, yang jelas bila Anda juga lahir bulan Juli, Anda harus sangat hati-hati dalam mengerjakannya. Iwan tidak teliti. Dia terburu-buru dalam mengisi sehingga kesalahan yang sangat fatal ini terjadi padanya. Semoga Anda tidak pernah mengalami kesalahan seperti ini.
Mungkin ada ribuan siswa setiap tahun yang tidak lulus hanya gara-gara salah dalam mengisi lembar jawaban komputer, bukan karena kemampuan akademis yang kurang. Tiga tahun di SMU seolah tidak ada artinya bila kesalahan seperti itu terjadi pada Anda.

- Next -

28
Anda jangan sampai terjebak dengan waktu sehingga lalai dalam mengisi tanggal lahir ini. Salah satu faktor yang menyebabkan kesalahan-kesalahan tadi adalah ketidak telitian di dalam membaca Lembar Jawaban Komputer (LJK).
Anda harus memperhatikan dengan benar apa yang ditulis di LJK. Biasanya kolom pertama adalah nama peserta, lalu di sampingnya nomor peserta. Sebelah kanan lagi nomor naskah soal Berita yang paling ujung kanan adalah tanggal lahir. Ingat bahwa tidak ada kolom untuk tanggal ujian.
Dibagian tengah agak kekanan ada petunjuk sebagai berikut:
Salinlah:
Dengan ini saya menyatakan bahwa data yang diisikan dalam formulir ini adalah benar.
Petunjuk diatas harus Anda salin ulang dengan menggunakan pensil 2B. Anda tulis dengan tulisan Anda sehari-hari untuk memberikan ciri khas masing-masing. Jangan dengan huruf balok atau huruf besar semua.
Anda juga tidak diharuskan menulis dengan huruf sambung tetapi tulislah seperti tulisan Anda sehari-hari di sekolah, lalu bubuhi tanda tangan untuk menyatakan sah bahwa yang di atas adalah pernyataan Anda.
Setelah Anda memastikan bahwa semua sudah Anda isi. barulah Anda mulai mengerjakan soal. Yang penting Anda harus melihat ulang data yang Anda isikan untuk memastikan bahwa Anda tidak membuat kesalahan sedikitpun.


“Orang Harus berjuang untuk mendapatkan apa yang diinginkan tetapi tidak ditemukan pejuang tanpa kesalahan dan kegagalan”.

(Johann Wolfgang Von Goethe)








KIAT MENJAWAB SOAL SAAT SNM-PTN BERLANGSUNG
 
Agar dapat  terbang secepat kilat ,kemamapuan hendak  Anda pergi, harus dimulai dengan mengetahui bahwa Anda telah sampai disana.
(Richard Bach)
Sebelum Anda mulai membuka lembaran-lembaran naskah soal SNM-PTN yang telah ada didepan mata Anda, mulailah dengan mengucapkan doa dalam hati kecil Anda. Ini merupakan langkah awal yang akan menyingkap ingatan Anda yang sudah Anda siapkan selama ini.
Setalah itu ditanamkan dalam benak Anda bahwa soal yang akan Anda kerjakan adalah soal-soal yang sudah pernah Anda kerjakan, setidaknya mirip dengan soal yang sudah pernah Anda bahas. Yakinkan diri bahwa Anda akan menghadapi soal yang mudah. Dengan begitu maka soal yang sulitpun akan berubah menjadi mudah di depan Anda.
Untuk hari pertama Anda akan menghadapi tes kemampuan verbal, yaltu pelajaran matematika dasar, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Mulailah dengan pelajaran yang Anda anggap paling mudah. Anda bisa mulai dari nomor satu terus sampai nomor terakhir atau memulainya dari nomor pertengahan. Yang penting, soal pertama yang Anda lihat adalah soal yang betul-betul bisa Anda kerjakan karena hal ini akan memacu energi Anda, bahwa soal selanjutnya juga mudah.
Kalau ada soal yang Anda ragu-ragu atau sulit, tinggalkan dulu Lihat soal lain, yang mudah dulu, karena kalau Anda terlalu lama dengan soal yang sulit maka Anda akan menghabiskan banyak waktu, sehingga soal yang mudahpun akan jadi salah jawabannya karena Anda terburu-buru mengejar waktu.

30
Sesudah Anda lihat dan kerjakan soal yang Anda mampu, dari nomor satu sampai terakir, sekarang ulangi lagi dari nomor satu. Kemungkinan besar saat ini soal yang Anda ragu tadi jadi tidak ragu lagi, karena energi sudah Anda pusatkan ke pikiran Anda mulai bekerja untuk memberikan pemecahan bagi soal itu.
Tadinya Anda ragu karena Anda masih berusaha sekuat tenaga untuk memunculkan ingatan Anda tentang jawaban-jawaban soal itu.
Namun yang namanya ingatan tidaklah selamanya muncul saat Anda membutuhkannya. Yang terjadi adalah diperlukan konsentrasi penuh untuk memunculkannya. Saat pertama Anda mengerjakan soal tadi, mungkin ingatan Anda belum sepenuhnya muncul, sehingga Anda ragu-ragu.
Percayalah ketika Anda ulang untuk kedua kali, soal tadi akan terasa mudah sehingga Anda bisa menjawab dengan sempurna. Sebaliknya Anda menjawab lima buah soal lalu Anda bulati di Lembar Jawaban Komputer (LJK). Begitu seterus­nya. Anda kerjakan setiap lima buah baru kemudian Anda bulati. Ini akan menghemat waktu Anda sekaligus Anda bisa lebih hati-hati. Jangan membuang waktu dengan mengerjakan satu soal lalu membulati LJK. Ini akan sangat merepotkan karena Anda harus bolak-balik antara naskah soal dan lembar jawaban. Juga jangan mengerjakan semua soal dulu baru kemudian mulai membulati. Metode ini akan membuat Anda terburu-buru sehingga bulatannya tidak sempurna. Akibatnya, akan ada soal yang Anda jawab dengan benar tapi tidak terbaca oleh komputer. Tentu hal ini sangat disayangkan. Berapa nilai Anda yang hilang, misalnya ada 5 buah soal yang tidak terbaca oleh komputer, dikali 4 jumlahnya 20. Siapa tahu gara-gara yang 20 itu menyebabkan Anda tidak lulus meskipun seharusnya nilai Anda cukup.
Jadi Anda harus mengerjakannya dengan hati-hati tanpa harus menyia-nyiakan waktu. Karena waktu sangat terbatas, waktu yang tersisa bisa Anda gunakan untuk mengerjakan soal yang punya tingkat kesulitan yang lebih tinggi.


.Sukses adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir - Ben Sweetland



 

KIAT MEMILIH JURUSAN

Jika kita melakukan sesuatu yang dapat kita lakukan, kita sendiri akan terkejut.
(Thomas Edison)

                                              
Pada saat Anda membeli formulir biodata SNM-PTN, disana harus Anda isi jurusan apa yang Anda pilih dan di Universitas mana.   Biasanya ada kode tersendiri untuk masing-masing Fakultas dan Universitas.
Jika Anda membeli fomulir IPA atau IPS, Anda punya dua pilihan jurusan, tetapi kalau Anda membeli formulir IPC maka Anda akan mempunyai tiga pilihan jurusan, yaitu dua pilihan untuk IPA dan satu pilihan IPS, atau dua pilihan IPS satu IPA, tergantung ke mana Anda ingin lulus. Yang salah adalah bila Anda memilih ketiganya IPA atau IPS.
IPC memberikan peluang besar bagi Anda karena ada tiga pilihan. Selain itu jika Anda di SMU Jurusan IPS tetapi ingin lulus di Fakultas Kedokteran, otomatis Anda harus membeli formulir IPC, karena fakultas kedokteran termasuk dalam kelompok IPA.
Yang harus Anda perhatikan dalam memilih jurusan adalah pilihan pertama harus yang pasing grade-nya paling tinggi sedangkan pilihan kedua atau ketiga yang passing gradenya di bawah pilihan pertama.
Cuma Anda harus memberikan jarak antara pilihan pertama dengan kedua, walau tidak begitu penting untuk memberikan jarak antara pilihan kedua dengan ketiga bila pilihan keduanya IPA sedangkan pilihan ketiganya IPS karena penilaiannya berbeda.
Misalnya pilihan pertama Anda adalah teknik Informatika ITB yang PIG-nya sekitar 60% lebih, maka pilihan kedua Anda harus yang PIG-nya di bawah 60%. Anda beri jarak 5% di bawah teknik informatika. Misalnya Anda bisa memilih teknik Industri UGM yang PIG-nya sekitar 55%.
Bila pilihan kedua PIG-nya di bawah 55% akan jauh lebih bagus karena jarak dengan pilihan pertama lebih besar sehingga Anda punya peluang lebih besar untuk bisa lulus.
Pilihan di atas sudah cocok bagi Anda yang ambil formulir IPA. Bila Anda ambil formulir IPC, pilihan ketiga Anda harus bidang IPS, misalnya Ilmu Psikologi atau Ilmu Hukum. Pilihan ketiga ini boleh tidak Anda beri jarak dengan pilihan kedua. Itu karena nilai IPS adalah hasil penggabungan antara kemampuan dasar tes di hari pertama dengan kemampuan IPS di hari kedua, sedangkan pilihan pertama dan kedua di atas adalah hasil penggabungan kemampuan dasar di hari pertama dengan kemampuan IPA di hari kedua.
Bisa jadi pilihan ketiga Anda nilainya jauh lebih tinggi dibanding pilihan kedua. Jika nilai IPS Anda tinggi, tetapi persoalan lulus tetap mengikuti pilihan. Yang dilihat dulu adalah pilihan pertama. Bila Anda tidak lulus maka akan dilihat pilihan kedua dan bila ini juga tidak lulus baru akan dilihat pilihan ketiga Anda.
Yang menjadi perioritas adalah pilihan pertama, baru kedua dan ketiga. Oleh sebab itu Anda harus memilih jurusan yang paling Anda sukai terlebih dahulu. Itulah sebabnya Anda bisa memilih pilihan ketiga lebih tinggi dari pilihan pertama. Misal Anda pilih pilihan pertama fakultas kedokteran yang PIGnya 50%, kedua ekonomi 42% dan ketiga teknik elektro 45%, inilah yang harus Anda pilih bila Anda lebih suka ekonomi diban­dingkan teknik elektro.

Jika pada saat SNM-PTN Anda bisa menjawab tes kemampuan dasar 25%, kemampuan IPS 15% dan kemampuan IPA 20%, berarti pilihan IPA Anda nilainya 25% tambah 20%, jumlahnya 45%, sementara pilihan IPS Anda 25% tambah 15%, jumlahnya 40%. Itu berarti Anda tidak lulus di pilihan pertama. Lalu akan dilihat pilihan kedua. Nilainya masih tidak cukup sehingga Anda juga dinyatakan tidak lulus. Namun demikian Anda masih bisa lulus di pilihan ketiga karena nilai Anda mencukupi. Namun demikian, biarpun nilai pilihan ketiga Anda cukup, karena kemampuan IPS Anda 20%, Anda tetap akan lulus di pilihan kedua.
Sebaiknya Anda tidak mengambil risiko dengan tidak memberikan jarak antara pilihan pertama dengan pilihan kedua, bila keduanya termasuk IPA, misalnya pilihan pertama di Informatika ITB, sedangkan pilihan kedua di teknik Elektro ITB. Dengan pilihan ini jelas Anda tidak punya peluang di pilihan kedua bila Anda tidak lulus di pilihan pertama karena keduanya hampir tidak ada jarak. Sama-sama punya passing grade di atas 60%. Pilihan ini bisa Anda pilih jika Anda merasa mampu mendapatkan nilai yang tinggi dan Anda sekaligus menyukai keduanya.

“Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan “- Walt Disney


 




KISAH SEORANG ANAK PINTAR YANG GAGAL MENEMBUS FAKULTAS KEDOKTERAN

Teruslah berjalan dan anda mungkin akan tersandung sesuatu, bahkan pada saat Anda tidak menduga sama sekali , saya tidak pernah  mendengar orang yang sedang duduk tersandung sesuatu.
(Charles F. Katering)


Vinny adalah sosok siswi SMU favorit di kota Banda Aceh, tamatan tahun 2000. Dari kelas satu sampai kelas tiga, Vinny sering mendapat rangking pertama. Kadang-kadang saja ia mendapat rangking kedua.
Tiap kali diadakan Try Out (TO) oleh bimbingan tes mana­pun, Vinny tak pernah ketinggalan. Dia selalu meng­ikutinya karena merasa rugi bila tidak mencoba kemampuannya yang selama ini sudah dipersiapkannya. Sepulang sekolah, waktunya tidak terbuang sia-sia. Vinny menghabiskannya dengan ikut less sore di salah satu Bimbingan Belajar.
Vinny mempunyai seorang kawan dekat, namanya Putri, yang sekaligus adalah pesaingnya di kelas. Kadang Putri yang dapat rangking satu, kadang Vinny.
Vinny memiliki tekad kuat untuk kuliah di fakultas kedokteran, tetapi Putri punya cita-cita lain. Putri ingin kuliah di Teknik Arsitektur.
Saat SNM-PTN berlangsung, baik Vinny maupun Putri merasa bisa menjawab dengan sempurna. Setelah mereka periksa, rata-rata mereka dapat PIG di atas target. Malahan PIG Vinny jauh lebih tinggi di atas Putri. Namun yang terjadi adalah Vinny tidak lulus di pilihan manapun. sementara Putri lulus di teknik arsitektur.

36
Vinny sedih bercampur kecewa. Vinny tidak percaya bahwa dirinya tidak lulus mengingat nilainya tinggi. bahkan lebih tinggi dari Putri. Mengapa pilihan keduapun tidak lulus?? Setidaknya kalau pilihan kedua lulus. Vinny masih bisa tetap kuliah.
Vinny terus menyesali diri, Dia merasa malu karena juara kelas kok tidak bisa lulus. Vinny juga seperti kebanyakan Siswa lain, yang menganggap kebahagiaan tertinggi adalah ketika melihat pengumuman SNM-PTN dan namanya tercantum di sana.
Kegagalan menembus SNM-PTN membuat Vinny jadi pesimis. Seolah-olah hidupnya tak ada arti lagi, dia merasa kehilangan kawan-kawannya. Padahal kalau Vinny lulus, biarpun di lain fakultas tetapi tetap di satu Universitas, mereka masih bisa saling berkomunikasi. Saat ini tak ada yang membuat Vinny bahagia selain lulus SNM-PTN. Tetapi itu juga tidak mungkin lagi.
Saya kemudian menyarankan agar Vinny ikut tes di AKPER atau AKBID saja. Mulanya Vinny tidak mau, tetapi selang beberapa hari kemudian, dibalut dengan kesedihan yang tiada tara, Vinny memutuskan untuk ikut tes di Akademi Kebidanan dan dia diterima.
Tiga tahun kemudian, bulan September tahun 2003. Vinny diwisuda dengan Predikat Cumlaude. Seminggu kemudian diterima bekerja di rumah sakit bersalin Seulanga. Tiga bulan di sana Vinny keluar dan diterima PTT dengan gaji I juta. Vinny juga masih bisa buka praktek dengan penghasilan yang memuaskan.
Sedangkan Putri, kawannya masih kuliah di teknik arsitektur. Setahun setelah Vinny bekerja barulah Putri lulus tetapi sampai saat ini Putri belum mendapatkan pekerjaan tetap.
Sekarang Anda bisa mengambil kesimpulan sendiri. Apakah kesuksesan bagi Anda adalah kuliah di tempat biasa dan kemudian dapat bekerja dengan gaji yang lumayan atau kuliah di tempat favorit tetapi setelah tamat kemudian menganggur. Yang lebih bagus memang bila dapat lulus di tempat yang Anda inginkan dan kemudian setelah tamat juga mendapat pekerjaan yang sesuai.
Yang paling penting untuk Anda sadari adalah bahwa setiap orang mempunyai cara sendiri untuk sukses. Kita tidak harus sukses di tempat yang sama dengan orang lain.
Yang jelas, bila Anda sudah tamat belajar tetapi belum mendapat pekerjaan, bagusnya Anda mampu menciptakan pekerjaan itu sehingga bukan diri Anda saja yang terbantu tapi anda juga bisa memperkerjakan orang lain.
Sebelumnya orang tidak perna berpikir untuk melakukan Sesutu yang baru’
Tapi ketika sesuatu itu dikerjakan oleh orang lain’maka mereka punya ribuan alasan untuk mengeritiknya.
(Iswadi)
 



KISAH SUKSES MENEMBUS FAKULTAS KEDOKTERAN

Yang menentukan apakah kegagalan menghentikan seseorang atau tidak adalah bagaimana kegagalan itu dihadapi.
(Rafer  Johnson)
Rijal adalah seorang siswa di SMU Negeri 2 Bireun, NAD. Dia bukan salah seorang yang pintar di kelasnya. Bahkan dia sering mendapat peringkat belasan. Namun demikian Rijal mempunyai tekad kuat. Dia tidak mau seperti ayahnya yang hanya seorang petani. Rijal ingin jadi seorang dokter.
Pada saat pendaftaran SNM-PTN dibuka, pada hari kedua, Rijal datang ke Banda Aceh untuk membeli formulir. Namun Rijal menghadapi masalah. Dia belum pernah mengisi lembar komputer. Jadi dia tidak tahu cara mengisi yang benar. Dia takut salah. Besoknya dia minta tolong temannya agar mengajarinya cara mengisi yang benar.
Teman Rijal sudah sebulan di Banda Aceh untuk ikut bimbingan belajar. Rijal tidak ikut karena kondisi ekonominya tidak memungkinkan, tetapi Rijal memiliki tekad kuat yang mampu mengalahkan apapun yang merintangi.
Pada saat tes berlangsung, Rijal berdoa lalu. Dengan keyakinan yang tinggi rijal mulai membuka halaman matematika dasar. Dia mulai mengerjakannya satu persatu. Tapi apa yang terjadi? Dari 30 soal yang diujikan, Rijal hanya mampu menjawab 5 buah. Kenyataan ini tidak membuat dia putus asa. Tekad­nya yang tinggi untuk lulus di fakultas kedokteran mendadak muncul seketika. Keinginannya meledak-ledak dan secara tak terduga Rijal kemudian mendapatkan inspirasi untuk menjawab soal selanjutnya.
Kebetulan soal yang dia kerjakan adalah soal aritmatika. Di soal itu tertulis angka satu sampai seratus yang di dalamnya disisipkan sekian banyak angka. Ada beberapa angka yang harus dicari.

Rijal tidak tahu kalau ada rumus khusus untuk menjawab soal ini, tetapi dia punya cara sendiri. Rijal memakai halaman belakang soal untuk menambahkan angka tadi satu demi satu sehingga akhirnya dia mendapatkan jawabannya dengan penuh perjuangan. Tetapi inilah faktor pemacu pertama yang membuat dia yakin bahwa semua soal punya cara yang unik untuk menjawabnya, Bahkan yang menurut orang lain mustahil sekalipun.
Untuk soal selanjutnya Rijal mulai mengerjakan dengan memakai rumus sendiri yang tidak pernah diajarkan di sekolah. Kadang kalau dengan perkalian dia belum mendapatkan jawaban, Rijal tidak segan-segan untuk menambahkan atau membagikan sehingga jawabannya muncul di salah satu pilihan. Biarpun sebenamya jawaban tersebut ada yang salah, Rijal tetap yakin dengan caranya sendiri.
Hasilnya, dari 30 soal, Rijal benar 23 buah. Sungguh suatu hal yang sangat menakjubkan untuk seorang yang tidak pintar, tidak pernah ikut bimbingan tes, tidak pernah ikut try out, tidak banyak tahu rumus, bahkan juga berasal dari SMU daerah terpencil.
Rijal mampu menjawab 23 soal matematika dari 30 soal. Rijal benar-benar diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala yang tiap tahun peminatnya sekitar 2000 orang. Rijal mampu menjadi salah seorang pemenang. Kenyataan ini mungkin tidak masuk akal tetapi inilah kenyataannya.
Sekarang coba Anda bandingkan. Anda ikut bim­bingan tes, sering ikut try out, Anda tahu rumus-rumus singkat, Anda tahu cara mengisi lembar komputer yang benar, apalagi kalau Anda mempunyai peringkat atas di sekolah dan berasal dari SMU di kota yang kualitasnya jauh lebih hebat dibandingkan SMU di daerah, apa Anda tidak bisa lulus?? Rijal yang tidak lebih banyak tahu dibanding Anda dapat lulus di fakultas favorit.
Tetapi bagaimanapun ceritanya, yang membuat Rijal lulus adalah tekad kuat dan keyakinan yang mengakar di hatinya sehingga memunculkan cara-cara baru untuk menjawab soal yang rumit.

Rijal tamatan tahun 1995. Saat itu jumlah soal yang diujikan tidak sama dengan soal sekarang. Dulu pada hari pertama soal matematika dasar 30 buah, bahasa Indonesia 35 buah, dan bahasa Inggris 30 buah. Sedangkan di hari kedua matematika IPA 10 buah, biologi 15 buah, fisika 15 buah, kimia 15 buah, dan IPA terpadu 20 buah.
Pada saat saya lulus tahun 1999 di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Rijal salah seorang yang menjadi asisten dosen untuk mata kuliah yang paling sulit, yaitu Anatomi, suatu ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia. Saat ini Rijal sudah menjadi seorang dokter PTT Sukses di Aceh Barat.
Yang saya ingin saya tandaskan di sini adalah Anda harus menanamkan tekad dan keyakinan yang kuat bahwa Anda mampu menembus fakultas terfavorit yang Anda impi-impikan.
 “Kesuksesan merupakan hasil dari keputusan matang, dan kematangan itu biasanya dihasilkan dari pengalaman yang terkadang penuh kegagalan.”
(Anthony Robbins)
 


 
MENYIASATI PILIHAN JURUSAN SESUAI
PASSING - GRADE                            
Passing grade (PIG) merupakan tingkat kelulusan yang dihitung dengan nilai persentase. Passing grade memiliki cara perhitungan tersendiri.
Kira-kira perhitungannya adalah seperti ini :
PIG =(Px4) – Q x 100%
Rx4
ket : P = jumlah benar
Q = Jumlah salah
R = jumlah soal
Pada saat SNM-PTN, setiap soal yang Anda jawab benar Akan dikalikan 4. Soal yang Anda jawab salah akan dikurangi 1 dan soal yang Anda kosongkan bernilai nol (0). OIeh sebab itu bila Anda tidak dapat menjawab dengan pasti akan lebih bagus bila Anda kosongkan, dari pada nilai Anda akan dikurangi satu karena jawaban Anda sa1ah. Anda boleh menebak jika Anda ragu-ragu antara dua pilihan. Anda punya peluang 50% untuk memilih yang benar. Namun demikian jangan terlalu banyak menebak karena akan sangat fatal akibatnya. Tebaklah yang Anda yakin bahwa kemungkinan benarnya lebih dari 50%.
Coba kita lihat, Misalnya pada hari pertama untuk tes kemampuan verbal. Anda benar 40 buah, salah 20 buah, kosong 15 buah, sedangkan di hari kedua Anda benar 35 buah, salah 15 buah dan kosong 25 buah.
Berarti jumlah benar Anda 75 buah, jumlah salahnya 35 buah, sedangkan jumlah soal keseluruhan 150 buah :
Coba kita hitung nilai Passing grade Anda:
(75x4)-35 X100%

PIG =              150 x4       PIG =  44,2 %
Berarti nilai passing grade Anda adalah 44,2%. Ini bukan berarti Anda sudah pasti lulus biarpun untuk pilihan kedokteran Unsyiah tahun lalu passing gradenya 40%.
Ini karena passing grade 40% tahun lalu adalah passing grade siswa yang memiliki peringkat paling bawah yang diterima di fakultas kedokteran, sedangkan peringkat paling atas tidak bisa diketahui. Bisa jadi lebih tinggi dari 60% karena pilihan pertama dia di sana.
Misalnya tahun lalu di Fakultas Kedokteran Unsyiah diterima 120 orang. Orang yang ke 120 mendapat passing grade 40%. Seandainya tahun ini Anda memiliki passing grade 45%, tetapi pas diurutkan Anda menempati urutan ke 121, Anda tetap tidak lulus walaupun mungkin nilai Anda sekarang ini masih bisa berada di urutan pertengahan nilai SNM-PTN tahun lalu.
Oleh sebab itu, Anda harus memiliki target di atas passing grade yang ada tahun lalu. Passing grade tahun lalu hanyalah merupakan pedoman supaya kita dapat mencapai hasil yang lebih dari tahun lalu.
Kalau tahun lalu Teknik Industri UGM passing gradenya 47%, supaya Anda bisa lulus maka Anda harus bisa mendapatkan passing grade lebih dari 50%. Bagaimana kalau Anda punya passing grade 50% dan teman Anda juga punya passing grade 50%, yang diterima di Teknik Industri UGM 100 orang, yang sudah ada adalah sampai urutan ke 99. Apakah Anda yang jadi orang dengan urutan ke seratus atau kawan Anda?

Pertanyaan ini tidak bisa dijawab dengan pasti. Yang jelas akan dipertimbangkan dari berbagai faktor. Misalnya, siapa yang memiliki kemampauan IPA lebih tinggi, atau ada yang mengatakan bahwa hal itu juga ditentukan dengan isian penghasilan orang tua di form biodata. Akan dipertimbangkan mana yang lebih mampu untuk membayar SPP. Namun demikian hal ini tidak sepenuhnya benar. Hanya perkiraan belaka. Sebaiknya Anda mengisi penghasilan orang tua di pertengahan, tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi.
Sebenarnya yang paling menjanjikan adalah Anda mampu menjawab lebih dari pada yang diharuskan oleh fakultas yang Anda tuju. Tingkat kelulusan Anda tidak hanya ditentukan oleh passing grade yang Anda peroleh, tetapi juga daya tampung, jumlah peminat dan kemampuan rata-rata peserta. Semua faktor itu sangat berpengaruh. Oleh karena itu passing grade untuk lulus di fakultas manapun bisa berubah-ubah setiap tahun.
Jika peminat banyak sedangkan daya tampung sedikit dan kemampuan rata-rata siswa tinggi maka otomatis tingkat persaingan antar peserta menjadi semakin tinggi dan passing grade kelulusan pun menjadi tinggi. Yang paling penting di antara ketiganya adalah kemampuan rata-rata siswa, karena biarpun jumlah peminat banyak tetapi bila kemampuan mereka kurang maka hal itu tidak akan banyak mempengaruhi.
Misalnya rata-rata kemampuan siswa yang memilih Fakultas Teknik Elektro ITB 70%. Jika Anda memiliki passing grade 65%
maka Anda tidak akan lulus. Namun bila kemampuan rata-rata peserta 60%, maka Anda yang bisa menjawab 65% mempunyai peluang yang sangat tinggi untuk lulus.

Anda tidak dapat melihat wujud angin secara langsung,Anda hanya dapat melihat efeknya saja,
ini sama halnya dengan pemikiran-pemikiran Anda,
mereka memiliki kekuatan seperti angin
tetapi Anda hanya dapat melihat efek-efek tindakan Anda.
(Seth Jane Robert)

 
KIAT MEMBULATI LEMBARAN KOMPUTER DENGAN PENSIL 2B                                                                                                    
Anda tidak bisa mengajar i  orang sesuatu,
Anda hanya bisa membantu mareka menemukan  sesuatu itu di dalam dirinya sendiri
(Galileo)
Pada saat anda membeli formulir biodata SNM-PTN, anda akan diberi waktu dua hari untuk membawa pulang sehingga Anda dapat lebih nyaman dan punya waktu yang cukup untuk mengisinya dengan hati-hati.
Formulir itu harus Anda isi dengan pensil 2B. Bisa jenis staedler atau jenis lain. Yang penting bisa dibaca dengan baik oleh komputer. Ada juga jenis pensil 2B yang kurang bagus. Cara paling mudah adalah meng­gunakan pensil 2B yang sudah pernah Anda gunakan untuk mengikuti try out yang diadakan oleh bimbingan tes yang ada di kota Anda.

Saat try out bisa Anda siapkan 4 atau lebih pensil 2B, yang kesemuanya Anda pakai. Tujuannya adalah agar dapat Anda gunakan saat SNM-PTN. Kalau saat try out bisa terbaca dengan baik oleh opscan maka Anda tidak perlu ragu lagi kualitas pensil yang Anda gunakan.

Pas SNM-PTN berlangsung sebaiknya pensil tadi Anda runcingkan kedua sisinya sehingga kalau Anda bawa pensil 4 batang maka akan ada delapan sisi yang dapat Anda gunakan. Hal ini akan menghemat waktu Anda karena Anda tidak harus sibuk meruncingkan pensil saat ikut SNM-PTN berlangsung. Kalau satu sisi sudah tumpul, Anda dapat menggunakan sisi yang lain.
Formulir biodata harus Anda perhatikan seteliti mungkin. Gunakan baik-baik waktu 2 hari di rumah. Yang harus Anda isi terlebih dulu adalah nama dan tanggal lahir karena inilah yang paling fatal. Nama dan tanggal lahir akan menjadi data utama di komputer. Di lembar jawaban saat tes berlangsung juga akan ada kolom nama dan tanggal lahir yang harus Anda isi. Oleh komputer, isian formulir biodata dengan lembar jawaban akan diperbandingkan. Bila ada satu huruf aja yang tidak sesuai atau tidak terbaca maka akan di-black list.
Sebagai contoh, nama Anda TEUKU MUHAMMAD YATSIER. Seandainya huruf "S" tidak sempurna Anda isi di form biodata, maka nama Anda akan tercatat di komputer sebagai TEUKU MUHAMMAD YATIER. Saat SNM-PTN berlangsung, pada Lembar Jawaban Komputer Anda mengisi TEUKU MUHAMMAD YATSIER. Jika huruf "S" Anda terisi sempurna, komputer akan mem-black list nama Anda karena nama TEUKU MUHAMMAD YATSIER tidak ada dalam data pendaftaran. Yang ada hanya TEUKU MUHAMMAD YATIER. Meskipun Anda tidak membuat kesalahan, telah menulis dengan benar tetapi tidak hati-hati pada saat membulati dengan pensil 2B.
Setiap huruf di formulir biodata berada di tengah­-tengah lingkaran yang diametemya sekitar 3 mm. Anda bisa mulai membulati dari tengah atau dari lingkaran luar ke tengah. Untuk lebih berhati-hati lagi, supaya tidak terarsir keluar lingkaran, Anda bisa menggunakan penggaris yang ada lubangnya. Penggaris model ini banyak dijual di pasar, digunakan khusus untuk mengisi lembar komputer.
Bulatan yang Anda buat harus sehitam mungkin tetapi jangan terlalu menekan karena akan membuat tembus ke belakang. Sebaiknya saat mengisi Anda meng­gunakan papan alas tulis. Yang dibaca oleh komputer adalah kilatan hitamnya. Kalau Anda sudah mengisi dengan warna hitam maka pasti kilatannya akan jelas.


- Next -


Supaya tidak terjadi kesalahan, tulis dulu kotak kosong yang ada, di barisan pertama dengan huruf cetak sehingga huruf apapun yang mau Anda arsir, Anda tinggal melihat di atas lalu, mencari tepat di bawahnya huruf apa yang mesti diarsir di atas. Hal ini akan membuat Anda lebih teliti. Kesilapan Anda akan bisa tertekan seminimal mungkin.
Misalnya tulis dulu dengan huruf cetak TEUKU MUHAMMAD YATSIER lalu cari di bawah di mana letak huruf T dan Anda kemudian bulati. Begitu seterusnya dengan huruf E. Anda cari di bawah mana huruf E lalu Anda bulati dengan pensil 2B. Dengan cara ini tidak akan terjadi bulatan yang double.

Setelah semua data di formulir terisi sempurna, coba ulangi lagi. Siapa tahu ada yang silap, lupa terisi atau terisi doubel. Minta tolong sama kawan atau keluarga di rumah untuk memeriksa lagi barangkali masih ada yang salah tetapi tidak terlihat oleh Anda.
Contoh nyata, saat saya ikut SNM-PTN, pas pengem­balian formulir, pada saat antri, iseng-iseng saya perhatikan ulang formulimya. Rupanya saya membuat kesalahan fatal. Seharusnya saya bulati 6 huruf sehingga terbaca ISWADI. Tetapi kenyataannya saya, membulati huruf "I" tepat di bawah bulatan huruf "D". Jadi doubel huruf "D" dengan huruf "I". Kalau tidak saya perbaiki, biodata saya bukannya ISWADI yang terbaca, tapi ISWA.
Saya masih ingat sampai saat ini. Hari itu adalah hari terakhir pengembalian. Doa saya didengar oleh Allah sehingga saya benar-benar lulus. Saya ingat sudah lebih dari tiga hari saya periksa, saya juga sudah minta tolong untuk diperiksa oleh kawan satu kost. Tetapi ternyata masih saja ada yang salah. Semoga hal ini tidak terjadi pada diri Anda.

Jika Anda benar-benar menginginkan bulan,
biarpun tangan Anda tidak mampu menggapainya,
maka bulan sendiri yang akan datang ke pangkuan Anda.
(
Iswadi)



George B. Shaw
Ketika Anda melakukan sesuatu dan gagal, maka kegagalan itu bukan saja akan membuahkan kesuksesan tetapi yang pasti kegagalan itu lebih berguna ketimbang anda tidak melakukan apapun.


APA YANG DIBERIKAN OLEH BIMBINGAN BELAJAR
 
Semua bodoh tetapi mengenai hal  yang berbeda-beda.
(will  Rogers)
Satu bulan lebih sebelum SNM-PTN berlangsung, banyak bimbingan belajar yang menawarkan program Super­intensif dengan metode yang berbeda-beda. Yang jelas setiap bimbingan belajar punya strategi tersendiri yang tidak dimiliki oleh bimbingan yang lain. Masing-masing menawarkan teknik penyajian soal yang mutakhir, Cara cepat jawab soal menjadi salah satu andalan untuk menarik siswa.
Pada pertengahan bulan Mai biasanya siswa sudah selesai mengikuti ujian akhir di sekolah. Sebagian mereka kemudian berbondong-bondong ke kota untuk mengikuti bimbingan belajar. Di manapun hal ini sudah menjadi tradisi, Mereka punya waktu satu bulan lebih sebelum SNM-PTN.
Dalam memilih bimbingan belajar sebaiknya Anda tidak perlu ikut-ikutan. Anda harus cermat dalam menilai, mana bimbingan belajar yang berkualitas. Jangan terkecoh oleh bimbingan belajar musiman yang muncul hanya beberapa bulan sebelum SNM-PTN berlangsung dan sehabis SNM-PTN mereka gulung tikar. Bimbingan seperti ini lebih bermotif finansial tanpa memperdulikan apa yang bisa didapat oleh siswa selama belajar disana.
Biasanya bimbingan belajar berkualitas memiliki beberapa ciri, di antaranya; mem­punyai tentor-tentor yang profesional, dapat meluluskan siswa kurang lebih 89%, memiliki penyajian materi yang menarik, serta mampu memberikan motivasi bagi siswanya. Yang terpenting, mereka tidak memen­tingkan keuntungan material tapi lebih memikirkan bagaimana membuat siswa lulus ujian SNM-PTN. Rata-rata setiap tahun mereka mampu meluluskan sebagian besar dari siswa yang ikut belajar di sana.


Jika Anda punya uang lebih, sebaiknya ikut bim­bingan belajar. Memang bukan bimbingan belajar yang menentukan Anda lulus, tetapi bimbingan itu akan mendorong Anda untuk lulus.
Di sana akan diajarkan materi-materi penting yang sering keluar pada SNM-PTN. Persoalannya, antara SNM-PTN dengan UN punya perbedaan yang signifikan atas materi yang diujikan. Yang biasanya diuji di UN tidak diuji di SNM-PTN, sedangkan yang biasa diuji di SNM-PTN tidak diuji di UN.
Di sana juga akan diajarkan bagaimana menyelesai­kan soal-soal SNM-PTN beberapa tahun yang lalu dengan menggunakan metode praktis yang biasanya lebih singkat dari saat Anda belajar di SMU. Metode ini akan meng­hemat waktu Anda. Juga akan diajari strategi memilih jurusan yang tepat serta bagaimana mengisi lembar komputer yang benar.
Anda juga bisa ikut Try out di sana, sehingga Anda bisa berlatih mengisi yang benar serta melihat sejauh mana kemampuan Anda dalam menjawab soal. Apakah sudah sesuai dengan target yang diharuskan oleh jurusan yang Anda pilih atau belum.
Anda juga bisa menilai kemampuan Anda tiap minggu dengan tes yang selalu diadakan oleh bimbingan belajar itu Apakah terus meningkat atau menurun. Jika kemampuan Anda menurun tentunya Anda bisa belajar dengan lebih giat lagi. Tapi kalau kemampuan Anda sudah cukup, Anda mesti terus memperdalamnya.
Selain yang disebutkan di atas, bimbingan belajar akan memberikan banyak lagi mamfaat bagi Anda. Waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia. Anda akan kenal dengan banyak kawan sekaligus. Kalau Anda dirumah, apalagi Siang Anda pasti malas belajar.
Jika Anda sudah berada di sana, mau tidak mau otomatis Anda akan terpacu karena semua kawan Anda belajar dengan giat. Dengan berkumpul seperti ini biasanya motivasi Anda akan lebih terpacu.
Memang ada sebagian siswa ikut bimbingan belajar bukan karena ingin belajar, tetapi hanya untuk mejeng. Tetapi biarpun tujuan mereka hanya seperti ini, mereka tetap akan mendapatkan manfaat yang berharga. Karena setiap pagi harus berada di dalam lokal, otomatis mereka juga harus mendegar dan melihat apa yang diajarkan oleh tentor.
Anda boleh tidak ikut bimbingan belajar dengan syarat Anda sudah siap dengan kemampuan untuk menembus SNM-PTN. Jika belum mungkin Anda berpikir lebih bagus belajar sendiri karena pertimbangan berbagai hal yang Anda alami.
”Yakinilah pilihanmu adalah jalan kesuksesan bagimu”
(Iswadi)

   
KIAT LULUS TANPA KEMAMPUAN EKSAKTA

Orang-orang yang berhasil didunia ini adalah
Oran-orang  yang bangkit  dan mencari keadaan  yang bangkit dan mencari keadaan  yang diinginkan dan jika tidak menemukannya mereka akan menciptakannya.
(George  Bernard Show)
Bagi anda yang memiliki kemampuan biasa-biasa saja, jangan berputus asa. Anda juga bisa lulus di manapun Anda mau dengan memakai kiat dan trik khusus dalam menjawab soal. Mungkin Anda yang merasa pintar di bidang ilmu eksakta tidak akan memiliki banyak masalah.
Ada cara mutakhir yang dapat Anda gunakan tanpa kemampuan eksakta. Caranya, Anda harus betul-betul. menguasai bahasa Indonesia dan biologi. Keduanya tidak mengandung unsur eksakta yang berarti. Bahasa Indonesia hampir tiap tahun memiliki kriteria sendiri pada soal-soal bagaimana yang diuji.
Anda bisa memperdalam soal-soal bahasa Indonesia pada SNM-PTN tahun lalu sehingga dari 25 buah soal, Anda dapat memastikan 20 benar. Sedangkan biologi dari 15 soal yang diujikan 10 buah dapat Anda pastikan Anda jawab dengan baik.
Biologi itu mudah, Coba Anda perhatikan penjelasan bagaimana teknik menguasai biologi tanpa perlu meng­hafal yang dibahas di halaman lain.
Sekarang Anda sudah dapat menjawab 30 soal. Kita lihat pelajaran yang lain. Misalnya bahasa Inggris. Sebodoh apapun, Anda sudah mempelajari bahasa Inggris dari kelas satu SMU. Dari 25 soal pasti ada yang bisa Anda jawab, Sebut saja Anda dapat menjawab dengan benar 5 buah.

Setelah itu perhatikan lagi matematika, Kalau matematika IPA Anda anggap sulit, Anda tidak perlu menjawabnya. Tetapi coba perhatikan matematika dasar yang lebih mudah. Anda sudah mempelajari matematika dari kelas satu, pasti di antara 25 soal ada yang mudah bagi Anda. Saya yakin Anda bisa menjawab 4 buah dari 25 soal itu.
Sekarang coba perhatikan pelajaran lain. Kalau Anda menganggap fisika dan IPA terpadu sulit tinggalkan saja, Dari pada Anda tebak-tebak dan salah maka akan mengurangi nilai. Tapi sesulit apapun kimia, dari 15 soal yang ada, pasti 4 buah bisa Anda jawab karena ada topik yang tidak perlu mencari atau menghitung, hanya menghafal atau mengingat saja. Di sini Anda jangan menebak. Jawablah soal yang menurut Anda pasti benar. Kalau ragu-ragu tinggalkan.
Berarti jumlah semua yang bisa Anda jawab adalah 43 buah, Bila dikalikan dengan 4 maka nilai Anda akan menjadi 212. Kalau dipersenkan maka, passing grade Anda 31 %. Itu berarti bila Anda memilih pilihan yang di bawah passing grade tersebut maka Anda akan lulus. Misal Anda ambil FKIP. Ini hanya perumparnaan saja. Namun bila Anda belajar lebih giat di pelajaran lain maka Anda pasti akan mampu menembus fakultas yang lebih tinggi.
“Perlu diingat bahwa jenius ada batasnya,Bodoh tak terbatas”
(Iswadi)
 
 
PERSIAPAN SATU HARI SEBELUM SNM-PTN

Jika A sama dengan sukses dalam hidup, maka A sama dengan X
ditambah Y ditambah Z, X sama dengan kerja,
Y sama dengan bermain dan Z tutup mulut.
(Albert Einstein)

 
Sehari sebelum tes, Anda harus mempersiapkan diri Anda sebaik mungkin supaya Anda tetap fit keesokan harinya. Aktivitas berat bisa sedikit Anda kurangi. Aktivitas yang berat mungkin akan membuat Anda merasa lelah di esok harinya.
Anda bisa me-refresh pikiran Anda dengan melihat pemandangan indah, atau pergi ke pantai sekedar untuk rileksasi pikiran, agar otak kiri dengan otak kanan seimbang. Hal ini akan sangat membantu Anda. Pikiran Anda akan tenang sehingga akan dapat digunakan semaksimal mungkin.
Tetapi bila Anda mempunyai masalah berat, pikiran Anda menghadapi problem berat untuk memecahkannya, pikiran Anda akan terus bekerja tanpa henti. Hal ini akan berakibat fatal pada saat SNM-PTN. Saat itu pikiran Anda akan lelah sehingga tidak mampu bekerja secara maksimal untuk menjawab soal-soal.
Oleh sebab itu sehari sebelum SNM-PTN berlangsung, hindarilah masalah, baik masalah keluarga, teman, atau yang lebih parah, yaitu masalah cinta. Jika Anda punya masalah cinta, hampir sebagian besar energi pikiran Anda akan terkuras ke sana sehingga Anda tidak akan mampu berkonsentrasi lagi. Pikiran Anda akan terfokus ke masalah itu. Pintu pengetahuan Anda akan terkunci karena energi Anda tidak bisa Anda gunakan untuk membuka gembok pengetahuan yang sudah lama Anda simpan di memori Anda.
Di malam menjelang SNM-PTN Anda harus betul-betul beristirahat dan Jangan tidur larut malam, tetapi tidurlah sebelum jam sepuluh malam. atau lebih cepat lagi sehingga esoknya Anda bisa bangun lebih cepat dan lebih fresh, tidak ngantuk atau pegal-pegal. Perasaan kurang bergairah juga akan Anda alami bila Anda tidur terlalu larut.
Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda tidur, di antaranya:
ü  Nomor peserta Ujian
ü  Pensil 2B
ü  Pulpen
ü  Penggaris
ü  Karet Penghapus
ü  Papan Alas Tulis
ü  Rautan
Masukkan semua yang tersebut di atas ke dalam tas agar besok Anda tidak repot. Anda juga dapat sekalian mempersiapkan pakaian dan sepatu yang akan Anda pakai besok.
Sebelum berangkat jangan lupa untuk sarapan pagi. Anda memerlukan energi untuk berpikir pada saat tes. Konsentrasi Anda tidak akan terganggu karena perut lapar. Sarapan pagi ini sangat penting bagi Anda, Sean­dainya Anda tidak sarapan maka Anda akan kekurangan tenaga untuk memikirkan jawaban dari setiap soal yang ada.
Pas hari tes, Anda harus pergi sepagi mungkin agar sampai di lokasi lebih cepat. Hal ini akan membuat ketegangan Anda mereda. Anda akan dapat lebih berkon­sentrasi untuk mengikuti ujian.
Brian Tracy
Anda bisa belajar bagaimana merealisasikan kesuksesan dari kegagalan, sebab hampir tidak ditemukan kesuksesan tanpa kegagalan.

 
TRY OUT (TO) ITU PENTING
 Ketika Anda berhenti membuat kesalahan sebenarnya anda sudah berenti belajar
(Billi Lim)
Try out (TO) yang selalu diadakan oleh bimbingan tes yang ada di kota Anda sangat bermanfaat bagi Anda. Dengan sering mengikutinya maka Anda akan terbiasa mengisi formulir komputer yang hampir sama persis dengan formulir SNM-PTN sehingga saat SNM-PTN Anda tidak akan bingung lagi, Anda sudah terbiasa.
Jika saat try out Anda pernah membuat kesalahan dalam mengisi, di saat SNM-PTN, kesalahan tadi pasti tidak akan terulang lagi, Bahkan semakin banyak Anda membuat kesalahan saat try out akan semakin bagus. Kita dapat lebih banyak belajar dari kesalahan vang kita buat agar tak terulang lagi di SNM-PTN.
Coba bayangkan jika saat SNM-PTN Anda membuat kesalahan. Kapan Anda bisa memperbaikinya?
Selain itu ikut try out bisa menjadi ajang Anda untuk menguji kemampuan, membuat Anda seolah-olah betul­-betul sedang mengikuti SNM-PTN.
Benjamin Franklin
“Semua yang dimulai dengan rasa marah akan berakhir dengan rasa malu”.


Berusahalah untuk mencapai target yang telah Anda tetapkan. Jika nilai Anda kurang, tentu Anda tahu apa yang harus Anda persiapkan lebih matang. Anda akan menyadari pelajaran apa yang masih kurang sehingga Anda bisa lebih mendalaminya lagi.


RUANGAN BELAJAR

Perbedaan antara yang mustahil dengan yang tidak mustahil terletak pada tekad seseorang
(Tonny Lasardo)
Untuk menembus SNM-PTN, salah satu faktor yang paling menentukan adalah suasana tempat belajar Anda. Tempat belajar Anda sangat menentukan tingkat pema­haman Anda. Kalau Anda terbiasa belajar di kamar, Anda harus mendesain ruangan sesuai keinginan otak Anda. Otak Anda akan merasa nyaman bila tempat itu tertata rapi. Kalau kamar Anda berantakan, maka akan terkirim sinyal ke otak Anda sehingga otak Anda tidak akan terpacu untuk belajar. Otak Anda tidak akan merasa nyaman di kamar yang berantakan.

- Next -
57
58

Suasana santai, nyaman, dan rapi merupakan energi yang mendorong otak untuk menyerap apa saja yang dimasukkan ke dalamnya.
Belajar memang tidak harus selamanya di kamar. Ada saat-saat tertentu di mana otak Anda menginginkan untuk belajar di halaman rumah atau di belakang rumah. dengan kicau burung dan pepohonan hijau yang mampu membuat otak Anda lebih bergairah menyerap semua pelajaran.
Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan. Ikuti apa kata hati Anda!!!, Di manapun Anda lebih rileks untuk belajar, itulah tempat yang paling efektif.
Ada sebagian orang yang belajar tidak harus di meja belajar, tapi cukup dengan berbaring di tempat tidur atau malah sambil nonton TV. ini hanya soal kebiasaan Masing-masing otak manusia berbeda kualitasnya. Oleh karena itu tempat belajar yang paling sesuai tergantung pada permintaan otak pemiliknya.
Sebenarnya Anda dapat menilai mana tempat yang paling diinginkan oleh otak Anda. Sebagai contoh, ketika suatu kali Anda ke tempat kawan, baik tempat anak kost atau rumah sendiri, saat Anda memasuki kamar pasti sesuatu akan terlintas di hati kecil Anda. Kalau kamarnya begitu nyaman dan menyenangkan untuk belajar, atau malah sebaliknya, ada kesan kamarnya membuat otak Anda tidak nyaman. Jangankan untuk belajar, duduk santai saja membuat Anda bosan.
Kamar yang menyenangkan secara tidak Anda sadari akan terus menarik Anda untuk rajin belajar. Setiap memasuki kamar akan timbul keinginan yang kuat untuk belajar. Ini sebenarnya merupakan kekuatan yang ada pada kamar itu yang menarik otak Anda untuk terus beraktivitas.
Suasana ruangan memang bukan segalanya tetapi ,segalanya akan berantakan bila suasananya tidak m
Hati &Otak bagikan teman yang paling setia dikala hati merasa nyaman maka otakpun terasa fress,
Dikala otak terasa resah maka hatipun merasa tersakiti.
(Iswadi)
 


Yang paling penting adalah Apa yang dapat dirimu pelajari setelah dirimu tahu segalanya.
(John Wooden)
RAHASIA BELAJAR SECARA MUTAKHIR
Sebulan sebelum SNM-PTN berlangsung, persiapan anda harus lebih intensif dibanding saat Anda masih di kelas 1, 2, atau 3 SMU.
Mungkin saat Anda masih di SMU, Anda bisa belajar sedikit demi sedikit bahan pelajaran yang mengarah ke SNM-PTN, atau Anda bisa mulai membahas soal-soal SNM-PTN sejak 5 tahun yang lalu. Saat masih di kelas 1 SMU Anda harus sudah memiliki buku-buku soal SNM-PTN.
Sebaiknya pas tamat SMU Anda sudah membahas soal-soal SNM-PTN 10 tahun yang lalu dari ketiga rayon, baik rayon A, B ataupun C. Siapa tahu yang diujikan di rayon C tahun lalu keluar di rayon yang akan Anda ikuti sekarang.

- Next -

60
Saat SMU, saya mempunyai seorang kakak kelas, Saat masuk kelas 3 SMU dia sudah menamatkan buku soal SKALD yang tebalnya lebih dari 500 halaman. Hal ini yang membuat dia lulus di Hubungan Internasional Universitas Indonesia.
Kalau Anda sudah melakukan hal yang sama, yakinlah Anda akan bisa memprediksi sendiri soal yang akan keluar pada SNM-PTN mendatang. Setiap tahun soal-soal SNM-PTN memiliki kriteria tersendiri. Topik-topik yang diuji hampir sama sehingga Anda hanya tinggal memperdalam topik tersebut.
Sebagai contoh, coba Anda perhatikan pelajaran biologi, Hampir tiap tahun topik sel selalu keluar. Yang ditanyakan pun tidak terlalu dalam. Hanya Organel beserta fungsinya. Jadi Anda harus memahami betul-­betul fungsi dari organel. Hal ini wajib Anda kuasai karena tiap tahun pasti keluar. Bahkan coba Anda buka buku soal SNM-PTN. Di sana jelas terlihat bahwa Retikulum Endoplasma (RE) keluar berturut-turut sekitar lima tahun.
Oleh sebab itu menjelang SNM-PTN berlangsung di dalam otak Anda sudah harus tertanam topik-topik apa yang sering ditanyakan untuk setiap mata pelajaran. Anda harus belajar secara intensif, Bukannya mulai dari nol. Anda hanya perlu memperdalam topik-topik yang sudah Anda kuasai saat di SMU.
Belajar di bimbingan belajar bukan penentu Anda untuk lulus SNM-PTN. Di sana Anda hanya akan membahas kiat-kiat untuk anda lulus pada tes dan memper­dalam pelajaran yang sudah Anda terima di SMU. Dengan pendalaman itu semua kemampuan Anda saat SMU bisa muncul kembali secara maksimal saat di bimbingan belajar.
Ada perbedaan yang signifikan untuk belajar eksakta yang harus berpikir dan mencari-cari dibanding pelajaran hafalan seperti biologi. Untuk bidang eksakta Anda akan lebih memahami jika Anda sering membahas soal-soal yang sulit. Sedangkan untuk yang hafalan yang paling penting bukan menghafal tetapi memahami proses yang terjadi. Anda harus mempelajari dengan memakai logika berpikir agar Anda tidak cepat lupa.

Orang yang masuk akal menyesuaikan dirinya dengan dunia, orang yang tidak masuk akal berisi keras menyesuaikan dunia dengan dirinya, oleh sebab itu semua kemajuan bergantung pada orang yang tidak masuk akal
(George Bernard)

KIAT MENGUASAI BIOLOGI
Saya mau memaparkan kiat menguasai biologi karena saat SNM-PTN biologi dapat menjadi tambang nilai yang besar bagi Anda.
Ada suatu rahasia dalam menguasai biologi; Pertama, hilangkan anggapan bahwa biologi itu suatu hafalan yang menyebalkan, Biologi tidak perlu dihafal, tetapi cukup dengan memakai sedikit logika berpikir maka Anda akan dapat menguasai semua topik yang biasa diujikan Saat SNM-PTN, topik yang diuji pun hanya yang umum dan tidak terlalu dalam. Tetapi bagaimanapun Anda harus mengetahuinya.
Dalam biologi ada beberapa kata kunci yang perlu Anda kuasai. Kalau Anda sudah mengetahuinya maka semua soal biologi akan berubah jadi mudah bagi Anda.
Ada yang menganggap bahwa biologi itu sulit karena banyak menggunakan bahasa Latin. Padahal gara-gara bahasa latinlah biologi menjadi mudah!!!
Yang penting, Anda harus tahu kiatnya. Hampir sebagian besar soal biologi yang diujikan saat SNM-PTN bisa dijawab hanya dengan suatu kata kunci yang dipadu dengan sedikit logika berpikir. Setiap soal punya kata kunci untuk mengetahui jawabannya.
Bahasa Latin biasanya menjadi kata kunci yang membuat soal biologi jadi mudah dijawab. Hanya Anda yang menganggap bahasa Latin itu sulitlah yang menjadikan biologi tambah sulit.
 
62

Sekarang coba Anda perhatikan baik-baik kata-kata berikut :
*        Hepatitis
*        Bronchitis
*        Pleuritic
*        Anoxia
*        Hipoxia
*        Peritrik
*        Periosteum
*        Peridermis

Dari kedelapan kata-kata di atas, berapa yang Anda tahu jawabannya. Saya yakin hanya sebagian kecil yang Anda tahu. Kalaupun Anda tahu semua, itupun karena Anda menghafal, bukannya memakai logika.
Dengan memakai logika berpikir satu kata yang Anda tahu akan membantu Anda untuk mengetahui kata lain yang menyerupainya. Istilah-istilah di atas, hanya dengan memakai logika bisa berubah jadi begitu mudah di mata Anda.
Perhatikan bahwa setiap, Anda jumpai kata ”tis" diakhir kata maka berarti radang. Jadi :
Hepar = hati, sedangkan
tic = radang,
Jadi hepatitis = radang hati.
Broncus = alat pernafasan,
Jadi bronchitis = radang saluran pernafasan.
 
Nah, jadi setiap kali Anda menjumpai soal yang mengandung kata tis, berarti Anda sudah tahu bahwa soal itu berhubungan dengan radang. Biarpun Anda tidak tahu radang apa, tetapi hal ini sudah akan sangat membantu Anda.
Di atas ada kata anoxia. Kalau Anda hanya hafal, suatu saat mungkin Anda akan lupa justru saat Anda perlukan. Coba pakai logika seperti ini:
Setiap Anda jumpai kata "AN atau A" di depan suatu kata, hal itu berati "tidak". Jadi
An           = tidak
Oxia       = oksigen
Berarti Anoxia adalah tidak ada oksigen.
Di atas juga ada kata hipoxia. Mungkin sebelum saya jelaskan Anda sudah dapat mencoba memakai logika Anda terlebih dulu.
Anda sudah tahu kalau setiap kata oxia berati oksigen. Sekarang Anda tinggal mencari tahu apa itu hipo.
Hipo = rendah, sedangkan lawannya
Hiper = tinggi
Jadi hipoxia berarti rendahnya oksigen. Dengan mengetahui kata di atas Anda pasti sudah bisa mengartikan apa itu hipotensi ataupun hipertensi yang memang sering Anda dengar dalam kehidupan sehari-hari.
Tensi = tekanan darah,
Berarti hipotensi adalah tekanan darah rendah, sedangkan hipertensi adalah tekanan darah tinggi. Menjadi mudah kan???
Masih ada tiga kata lagi yang belum dibahas, yaitu peritrik, periosteum, peridermis. Coba Anda pakai logika Anda untuk menjelaskannya.
Setiap Anda jumpai kata:
Peri = permukaan,
Dermis berarti kulit. Jadi Peridermis berarti permukaan kulit. Begitu juga dengan osteo yang berarti tulang. Periosteum berarti permukaan tulang.

 
Dengan menggunakan logika berfikir saat SNM-PTN, tidak akan ada lagi soal biologi yang sulit bagi Anda. Jelas bahwa bahasa Latin justru membantu kita untuk mengingat dengan mudah.
Agar lebih jelas, coba kita bahas soal biologi yang keluar saat SNM-PTN berikut ini:
v Suatu gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan atau gangguan penggunaan oksigen oleh jaringan disebut   
A.     Asfiksia
B.     Rinitis
C.      Sinusitis
D.     Bronchitis
E.      Pleuritis

(UMPTN '98 Rayon B )
Untuk menjawab soal di atas Anda tidak perlu menguasai hafalan biologi. Anda cukup memakai logika dan kata, kunci.
Coba perhatikan. Soalnya tentang gangguan peng­angkutan oksigen. Pilihan B, C, D, dan E mengandung akhiran TIS yang berarti radang. Soal di atas bukan mengenai radang. Jadi Anda tidak perlu tahu radang apa.
Dengan begitu berarti Anda dapat langsung menjawab dengan pilihan selain keempat pilihan di atas, yaitu pilihan A. Anda juga tidak perlu tahu pengertian. Terbukti kan bahwa jawabannya begitu mudah. Hanya dengan mengetahui kata TIS.
Jadi nanti pas SNM-PTN, coba Anda pakai logika berfikir sekaligus Anda lihat mana kata kuncinya. Namun demikian sebaiknya Anda juga memiliki pengetahuan yang cukup agar Anda dapat menggunakan logika Anda secara maksimal.

James F. Byrnes
Penuhi pikiran anda dengan keinginan untuk meraih peluang masa depan dan jangan biarkan pikiran anda dirasuki virus ketakutan terhadap masa depan dengan cara menghindari kegagalan.


 


“Hargailah cita-cita & impian . karena kedua hal ini adalah anak jiwamu dan cetak biru prestasi puncakmu”
(Muhammad Yatsir)
KIAT MENGUASAI EKSAKTA
Rahasia dalam menguasai eksakta terletak pada ketertarikan Anda akan mata pelajaran tersebut. Ketika Anda tertarik maka energi Anda akan muncul. Pelajaran tersebut akan terasa seolah-olah mudah. Kemudahan tadi dipengaruhi oleh ketertarikan Anda.
Menguasai eksakta yang penuh dengan usaha mencari-cari sebenarnya mudah. Anda harus menjadi orang yang penasaran akan penyelesaiannya sehingga Anda tertarik untuk mencari jawabannya. Anda akan dianggap pintar bila di dalam kelas Anda dapat menguasai eksakta, terutama matematika.

- Next -
65
66
Jadi untuk menguasai matematika, Anda harus me­mulainya dengan suka membahas, soal-soal matematika. Cara yang paling bagus, Anda mencoba menjawab soal yang sulit dahulu. Berusahalah untuk mendapatkan jawaban atas soal yang sulit tadi. Anda harus men­dapatkan jawabannya meskipun untuk itu Anda membutuhkan waktu yang lama.

Setelah Anda mendapat jawabannya maka kemam­puan Anda akan berubah drastis. Anda menjadi lebih percaya diri. Anda akan merasa bahwa tak ada soal matematika yang sulit. 
Ketika suatu kali ada kawan Anda yang kebetulan menanyakan cara menjawab soal sulit yang mirip dengan soal yang telah Anda bahas tadi, Anda pasti akan mampu menjawabnya. Mulai saat inilah Anda akan dianggap pintar. Oleh karena itu Anda harus berusaha untuk mempertahankan bahwa Anda memang bisa. Kawan Anda saja bertanya kepada Anda.
Hal ini akan memberikan energi ekstra bagi Anda secara tidak Anda sadari. Sel-sel dalam tubuh Anda akan berusaha menjadi seperti yang kawan Anda anggap, yaitu bahwa Anda pintar. Akibatnya, setiap soal yang ditanyakan oleh kawan Anda akan menjadi mudah. Cara menjawabnya akan datang sendiri. Setiap ada masalah dengan matematika maka kawan Anda pasti akan mencari Anda. Ini merupakan faktor pemacu potensi kemampuan Anda untuk muncul ke permukaan.
Hanya dengan menguasai soal yang sulit tadi akan membuat setiap soal yang mudah menjadi lebih mudah di mata Anda. Anda akan merasa bahwa soal-soal yang diujikan dalam SNM-PTN tidak ada artinya bila Anda mampu menjawab soal yang tingkat kesulitannya jauh di atas soal SNM-PTN.
Setidaknya Anda jangan pernah membenci pelajaran eksakta bila Anda ingin menguasainya. Dengan mem­bencinya akan membuat setiap penjelasan guru tidak diterima oleh otak Anda. Biarpun Anda belum dapat menguasainya, Anda harus menyukainya karena hal itu akan mendorong energi Anda agar Anda betul-betul bisa.
Earl Nightingale
Anda Tidak butuh sesuatu yang baru untuk sukses, kecuali membutuhkan cara baru yang lebih baik dalam menggunakan apa yang sudah anda miliki.

 

Semua sumber daya yang kita butuhkan ada dalam pikiran kita
(Theodore Roosevelt)
SEPENTING APA CARA KILAT ITU
Cara kilat itu memang penting. Bahkan setiap bim­bingan tes mengandalkan cara kilat atau sering disebut CarCep (Cara Cepat), seolah cara kilat merupakan jalan satu-satunya untuk menuju kesuksesan saat-saat SNM-PTN.
Cara kilat merupakan hasil akhir dari cara panjang. Ketika kita melakukan penurunan atas rumus untuk suatu soal yang dibahas akan kita dapat rumus singkat yang praktis. Inilah yang dijadikan cara kilat. Tetapi kalau Anda hanya mengandalkan cara kilat untuk SNM-PTN, hal itu tidak akan banyak membantu Anda untuk lulus. Selain tahu cara kilat, Anda juga harus tahu bagaimana cara yang sebenarnya. Yang penting adalah menguasai cara panjang yang biasa. Baru dengan begitu cara kilat akan berguna bagi Anda.
Sebenarnya Anda sendiri dapat menciptakan cara kilat Syaratnya, Anda tahu cara yang sebenarnya. Cara kilat hanya bisa digunakan untuk soal-soal tertentu yang memenuhi syarat. Seandainya tidak memenuhi syarat maka soal tersebut tidak akan dapat Anda jawab dengan cara kilat. Bila Anda menguasai cara sebenarnya yang memakai logika berpikir maka soal yang bagaimanapun akan dapat Anda jawab. 
Saya tidak mengatakan bahwa cara kilat tidak penting. Cara kilat berguna saat Anda ikut SNM-PTN, terutama untuk menghemat waktu. Tetapi tidak semua soal dapat Anda jawab dengan cara kilat. Saya cuma memaparkan bahwa bila Anda ingin menguasai cara kilat, maka kuasai dulu cara yang sebenarnya.


Saat SNM-PTN Anda mempunyai waktu 150 menit untuk menjawab 75 soal. Berarti dibutuhkan waktu sekitar 2 menit untuk menjawab 1 soal. Waktu yang 2 menit itu tidak akan cukup untuk menjawab soal matematika yang sulit. Di sini cara kilat akan sangat berperan.
Tetapi Anda hanya membutuhkan waktu tidak sampai satu menit untuk menjawab soal pengetahuan yang tidak perlu mencari-cari, seperti biologi. Kelebihan waktu di pelajaran ini bisa Anda gunakan untuk soal fisika atau matematika.
Saya paparkan salah satu cara kilat matematika dalam soal berikut ini: -Bola dilemparkan setinggi 2 meter, kemudian memantul kembali setinggi 2/3. Begitu seterusnya sampai berhenti. Yang ditanyakan, berapa panjang lintasannya???.
Mungkin untuk menjawab soal di atas kita butuh waktu yang lama. Tetapi dengan menggunakan cara kilat maka Anda hanya butuh waktu tidak sampai satu menit.
Jika dimisalkan panjang lintasan sama dengan S, pantulannya sama dengan P, tinggi lemparannya sama dengan T, maka:
S = ( I + P/1-P) x T
S= (5)x2
S = 10 meter.
Soal di atas juga dapat Anda jawab lebih cepat lagi. Coba Anda lihat berapa pantulannya. Jika memang 2/3, Anda tinggal menghitung 3 tambah 2 sama dengan 5. Jadi 5 langsung Anda kalikan dengan berapa tinggi bola dilemparkan. Hasilnya bisa Anda capai dalam waktu 15 detik. Padahal kalau memakai cara biasa Anda butuh waktu lebih dari 2 menit.
Ini jelas merupakan penghematan. Masih banyak lagi cara kilat yang bagus untuk Anda pelajari. Namun begitu jangan cuma mengandalkan cara kilat. Anda juga harus mempelajari cara sebenarnya yang panjang untuk merangsang logika berfikir Anda. Cara paling penting adalah dengan menguasai sebaik-baiknya setiap mata pelajaran dengan memakai logika berpikir, karena logika berpikir akan selalu mencari cara terbaik bagi Anda untuk menjawab soal apapun.

Tidak ada jaminan untuk mencapai suatu tujuan pada suatu waktu
Namun ada jaminan untuk tidak prna sampai pada tujuan
Yang tidak perna ditetapkan
(David Menally)
 


 Jika Anda tidak membuat keputusan
Maka pikiran anda yang belum terbentuk
Akan membuat hidup Anda menjadi tidak terbentuk.
(E Stanley Janes)
                         KIAT MELEJITKAN DAYA INGAT ANDA
 
Fenomena yang sering terjadi pada siswa ketika mau mengikuti tes SNM-PTN adalah pikiran seolah-olah tidak siap untuk mengingat sekian banyak pelajaran yang harus dihafal. Hal ini merupakan suatu masalah tersendiri yang tidak boleh dibiarkan.
Perasaan tidak siap muncul dapat dikarenakan faktor psikologis karena mau menghadapi moment yang sangat penting bagi mereka dan dapat juga karena merasa terlalu banyak yang harus dihafal.
Oleh karena itu Anda harus mempunyai formula atau kiat tersendiri supaya Anda mampu mengingat yang sekian banyak itu. Tidak ada hal yang mustahil kalau Anda mempunyai kemauan kuat. Anda mungkin pernah mendengar ada orang Amerika yang mampu mengingat seluruh nomor telepon di kota tempat dia tinggal.
Anda juga mampu mengingat semua yang perlu Anda ingat saat SNM-PTN. Pelajaran seperti biologi, bahasa Indonesia ataupun sejarah memang memiliki segudang pokok bahasan, tetapi pertama-tama yang harus Anda pilih adalah mana yang lebih penting untuk diingat. Kalau Anda mau, Anda akan mampu mengingat apapun yang penting bagi Anda.
Ada suatu cara untuk menyikapi masalah di atas. Pertama, Anda harus tahu bagaimana cara otak Anda bekerja untuk mengingat. Kalau Anda sudah menguasai hal ini, Anda bahkan akan mampu mengingat sesuatu sampai ke halaman atau berapa paragraf sesuatu itu berada.
Otak manusia terbagi atas dua belahan, kiri dan kanan. Yang kiri berfungsi untuk mengingat. Itu berarti setiap Anda belajar hal itu akan direkam oleh otak kiri Anda. Fungsi otak kanan sedikit berbeda, yaitu digunakan untuk rekreasi, rileks, ataupun menikmati musik.

Yang sebaiknya Anda terapkan adalah menyeim­bangkan antara otak kanan dengan otak kiri, Inilah kunci ingatan yang sebenarnya.
Seandainya Anda belajar terus tanpa berhenti untuk bersantai, otak kiri Anda akan penuh oleh memori. Penuhnya otak kiri akan menekan otak kanan Anda yang kosong. Inilah yang menyebabkan stres atau ketegangan. Pada saat seperti ini apapun akan sulit untuk Anda ingat. Namun bila kedua otak dalam keadaan seimbang maka tidak akan terjadi penekanan ke arah manapun.
Menggunakan musik Slow atau musik Rock saat belajar adalah bagus karena akan membuat otak kanan Anda sibuk mendengar musik sedangkan otak kiri Anda sibuk belajar. Hal ini bagus untuk menjaga keseim­bangan. Namun demikian harus diingat juga bahwa ada orang yang harus berkonsentrasi penuh dan tidak mau terganggu oleh bunyi apapun di saat belajar.
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat belajar, yaitu beberapa hal yang mudah diingat oleh otak kita. Dari pengalaman Anda sendiri, Anda bisa mem­buktikannya.
Yang pertama, otak kita akan mengingat awal dan akhir. Jadi saat Anda belajar, Anda harus menggunakan jeda. Semakin sering Anda menggunakan jeda maka akan semakin banyak yang Anda ingat.
Logikanya seperti ini. Jika Anda belajar satu jam selama 4 kali akan jauh lebih efektif dibanding belajar 2 jam tapi sekali. Bila satu jam Anda jadikan 4 kali berarti setelah 15 menit Anda berhenti sebentar untuk rileks. Mungkin minum kopi atau nonton TV. Saat ini Anda sudah mengingat satu halaman pertama dan satu halaman terakhir. Berarti 2 halaman. Lalu Anda belajar lagi 15 menit. Bila tiga kali berarti Anda bisa mengingat 8 halaman dalam satu jam yang diselingi dengan sedikit waktu jeda.


Bila Anda belajar selama 2 jam tanpa henti atau jeda, yang Anda ingat adalah satu halaman pertama dan satu halaman terakhir. Jumlahnya 2 halaman Itu Anda ingat setelah belajar selama 2 jam. Padahal yang tadi 8 halaman selama satu jam.
Anda boleh belajar 3 jam sekaligus lalu jeda dan belajar tiga atau satu jam lagi. Yang penting Anda memberi jeda bagi otak Anda untuk sedikit rileks.
Yang kedua, otak akan mengingat sesuatu yang aneh atau yang istimewa. Otak kita akan lebih mudah menyim­pan informasi dari sesuatu yang luar biasa. Tulisan Anda yang rapi tidak akan aneh bagi otak kita sehingga otak akan mempunyai kesulitan untuk menyimpan data. Namun bila catatan yang rapi itu diselingi oleh gambar sincan atapun gambar mickey mouse, di samping catatan yang dianggap penting, akan membuat otak kita lebih mudah mengingatnya.
Anda sendiri pasti Pernah menggaris-bawahi kalimat yang penting pada catatan. Hal itu akan membuat otak melihat hal aneh, yang tidak sama dengan bagian lain. Jadi bagian yang digaris-bawahi itu akan lebih mudah diingat.
Hal yang penting Anda lakukan lagi adalah bahwa apapun yang ingin Anda ingat dengan sempurna, Anda harus memvisualisasikannya dengan sesuatu yang mirip Misalnya, ketika berkenalan dengan seseorang yang bemama DINO, Anda bisa membayangkan dia mirip DINOsaurus. Dengan begitu Anda tidak akan pernah lupa ketika Anda berjumpa lagi dengan dia.
Yang saya jelaskan tadi hanya sebagian kecil dari cara mengingat. Ada juga versi lain yang bisa Anda lakukan, yaitu memakai sistem jembatan keledai. Misalnya untuk mengingat urutan metamorfosis sem­purna pada insekta, Anda cukup membuat kalimat:
"Tina Laksana Pacar Impianku"
Anda tinggal mengingat huruf pertama saja. T sama dengan Telur, L sama dengan Larva, P sama dengan Pupa dan I sama dengan Imago. Mungkin dengan menghafal urutan telur, larva, pupa, dan imago, suatu saat Anda akan lupa atau kalaupun Anda masih ingat, Anda akan ragu dengan urutannya. Dengan menggunakan jembatan keledai maka sampai kapanpun Anda akan ingat karena kalimat yang digunakan adalah kalimat sehari-hari.
Selamat mencoba, Semoga Anda sukses. Pintu gerbang SNM-PTN menanti Anda yang benar-benar meng­inginkan untuk masuk ke sana. Bagi Anda yang tidak memiliki tekad yang kuat, pintu tersebut sulit untuk dibuka tetapi dia akan terbuka sendiri tanpa disuruh bagi orang-orang yang memiliki impian besar untuk menempuhnya.



   RIWAYAT  PENULIS


                    ISWADI MA, M.Pd. dilahirkan di Laweung 01 November 1979, sebagai anak kelima dari sembilan bersaudara. Ayahnya bernama Zainal Abidin dan Ibunya bernama Hamidah dan pada tanggal 21 November 2006 menikah dengan Imarah Millati, M.Pd, memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (2005). Dan melanjutkan Kursus Perguruan Lepas Ijazah (KPLI) di Institut Perguruan Darul Aman Malaysia (2006) dan  menyelesaikan program Magister Pendidikan di UNSYIAH (2009)
               Kegiatan mengajarnya dimulai sejak tahun 2004. Menjadi staf pengajar dipesantren Oemar Dian Indrapuri Aceh Besar. Menjadi staf pengajar di SMU Negeri 5 Banda Aceh, SMU Negeri 4 Banda Aceh, staf pengajar SMU Negeri 10 Fajar Harapan,MAS Ruhul Islam Anak Bangsa dan SMA Lab School Unsyiah, Disamping itu pernah menjadi asisten dosen difakultas Tarbiyah IAIN Banda aceh, Dosen STIK Pantekulu Banda Aceh dan sekarang menjadi dosen tetap di Universitas Serambi Mekkah.
Disela-sela Kesibukannya sebagai guru dan dosen pernah juga menjadi Field Coordinator Yadesa, Pendiri Bimbingan Belajar Smart Learning Center (SLC) dan Wakil Sekretaris Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Aceh,PEMBANTU DEKAN III FKIP USM. Pernah Menjabat sebagai ketua pelajar islam Indonesia Komisariat Muara tiga,kabupaten pidie Tahun 1999, Ketua umum forum komunikasi Mahasiswa Universitas serambi mekah Banda Aceh  tahun 2002, Ketua Bema FKIP Universitas Serambi Mekah tahun 2003, Pengurus Forum Komunikasi Generasi Muda Pidie Tahun 2003-2005, Staf LSM YADESA  Aceh, Mulai Tahun 2001 Sampai 2005,Ketua Persatuan Guru Ikatan Dinas Aceh-Malaysia, Tahun 2006,Pembantu Dekan III FKIP Universitas Serambi Mekkah  Banda Aceh Tahun 2007- 2009.Ketua Dewan Pembina Aceh Smart learning center Foundation (SLC) Tahun 2007-Sekarang
Wakil Sekretaris LPA NAD 2008 – Ketua IKA-  FKIP Universitas Serambi Mekkah  Banda Aceh Tahun 2009, Ketua dewan pembina Solidaritas Akademisi Aceh (SAKA),( 2010 – Sekarang), Ketua Dewan Pembina Aliansi  Peduli Aceh (APA) (2010 – Sekarang),
Ketua Dewan Pembina Lembaga Penelitian Iskandar Muda  (2010 – Sekarang)

Training dan Pelatihan yang pernah diikuti :
 Leadership Basic Training Pelajar Islam Indonesia (LBT-PII) Tahun 1999, Temu Ilmiah Mahasiswa Biologi Se-Indonesia, Tahun 2002, Seminar Membangun Aceh baru, Tahun 2002,Pelatihan Protokuler, Tahun 2003, Training Pengenalan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup Amdal, Tahun 2003,Dialog Pemuda Se-Nanggroe Aceh-Darussalam, Tahun 2003,Training Fasilator, Tahun 2004,Training Bahasa Inggris Intensif di Lembaga Bahasa Unsyiah, Tahun 2005,Training Komputer Intensif di FMIPA Matematika Unsyiah Tahun 2005 Kursus Intel Education Intensif di Malaysia, Tahun 2006,Kursus Bahasa Inggris Intensif di Malaysia, Tahun 2006,Kursus Perguruan Lepas Ijazah (KPLI) di Malaysia Tahun 2006 Pelatihan metodologi penenlitian tahun 2006. Kursus intel intensif dilembaga bahasa unsyiah (2006). Kursus bahasa inggris intensif di malaysia (2006). Semiloka pelajaran damai di aceh (2007). Safari pengabdian pemuda dan national youth camp (2007). Pembina pelatihan jurnalistik tingkat dasar (2007). Pemateri pada sekolah anti korupsi (2007). Pelatihan guru mata pelajaran (MGMP) tahun 2007.
Seminar peran pemerintah kota dalam memberantas kemiskinan di Banda Aceh (2007)Pelatihan komputer program window microsoft office word 2003 (2007).
Seminar pendidikan quo vadis pendidikan di aceh (2007).
Seminar nasional peningkatan mutu dan daya saing sumber daya manusia Aceh (2008)Fasilitator program penyuluhan anti narkoba (2008)Semiloka perguruan tinggi swasta (PTS) tahun 2008. Seminar sehari peran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (2008),
Dialog pemuda wawasan kerja sama dengan linmas prov NAD, (2008).


Rahasia Sukses Menembus SNM-PTN
dengan Kekuatan Impian
Oleh : Iswadi MA,MPd
Hak Cipta @ 2009 pada penulis :
Editor                           : Iswadi MA,Mpd
Back Editor                  : Ramadhan IB.
Setting                         : Dedi Kusnaidi.S,pd
Desain Cover                : Darmiyati
Korektor                      : Ana Mariana
ISBN: 979-763-058-2
MOTIVATION SISWA SLC
Hak Cipta dilindungi undang-undang. Dilarang memperbanyak dan memindahkan sebagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun, baik secara elektronis maupun mekanis, termasuk memfotocopy, scan, merekam, atau dengan sistem penyimpanan lainnya, tanpa izin tertulis dari Penulis atau Pihak Penerbit.
Penerbit :
Bimbingan Belajar Smart Learning Center (SLC).
Jl. T. Nyak Arief No.182 Jeulingke(Sebelah kanan apotek ’ubudiyah) Banda Aceh, Contact_0853 5884 5326- 085296667881
 Percetakan
SLC OFFSET.
Jl. T. Nyak Arief No.182 Jeulingke (Sebelah kanan apotek ’Ubudiyah) Banda Aceh, Contact_0853 5884 5326- 085296667881)
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kita persembahkan kepada Allah SWT dengan limpahan Rahmat dan petunjuk-Nyalah kita masih diberikan sedikit ilmu yang dapat berguna bagi Agama, Bangsa dan seluruh umat manusia. Tak lupa selawat beriring salam kita haturkan kepada junjungan kita NABI besar Muhammad SAW yang telah membimbing umat manusia dari alam kebodohon kealam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
Dengan penuh Semangat dan perjuangan akhirnya SLC bisa menyelesaikan buku berjudul Rahasia Sukses Menembus SNM-PTN dengan Kekuatan Impian.
Buku ini dikarang oleh dr.Erhas Dengan Seorang Dosen PTS Iswadi sekitar 6 tahun lalu saat masih berada di bangku SMU. Saat itu tidak ada satupun buku di pasaran yang mampu memberikan motivasi bagi siswa untuk ikut UMPTN - SPMB ( sekarang berubah menjadi SNM-PTN & UMB-PTN). Tidak ada buku yang menjelaskan seluk-beluk UMPTN. Yang banyak di pasaran hanya buku kiat sukses UMPTN tetapi isinya hanya tentang pelajaran, bukannya tentang UMPTN itu sendiri. hampir semua siswa di sekolah membutuhkan informasi itu tetapi kami tidak berhasil mendapatkannya. Padahal waktu itu siswa  ingin tahu lebih jauh tentang kiat menembus UMPTN, cara mengisi biodata yang benar, strategi memilih jurusan, ataupun persiapan-per­siapan sebelum Ujian SNM-PTN berlangsung. Terlebih lagi dengan bagaimana cara membangkitkan motivasi. Saat itulah seorang dokter dan Dosen yang berasal dari daerah terpencil bertekad untuk mengarang sebuah buku yang mampu memberikan apa yang siswa cari selama ini.
Buku ini sempat hilang jejak dari pembaca namun Pihak SLC terinspirasi untuk menulis buku ini setelah mendalami pengalaman yang telah didapatkan dari siswa. Ada sesuatu yang kosong pada diri siswa, dimana mereka belum sadar kalau dalam diri mereka tersimpan kekuatan dahsyat yang bisa mereka bangkitkan jika mereka mau. Mereka selalu mengukur tingkat kelulusan SNM-PTN dengan kemampuan akademik, padahal ada sisi lain yang juga sangat berperan.
 Keluarga Besar Bimbingan Belajar Smart Learning Center (SLC) Berkeinginan mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Dokter Erhas & semua pihak yang telah mendukung terciptanya Buku Rahasia Sukses Menembus SNM-PTN dengan Kekuatan Impian dan juga kepada masyarakat yang masih terus mempercayai kami sebagai Pembimbing putra-putri terbaik Nanggroe Aceh Darussalam.
Semoga buku ini mampu memberikan manfaat yang berarti bagi Anda sekaligus mampu membuat adik-adik dapat termotivasi dalam sarana pencapaian cita-cita yang mulia. kami seluruh staf Bimbingan Belajar Smart Learning Center (SLC) turut berdo’a agar Buku ini dapat berguna bagi siswa SLC, Insyaallah kami akan mempertahankan ilmu yang berguna yang telah kami dapatkan dan dapat kami transfer untuk adik-adik.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati kami mohon maaf lahir batin jika dalam Buku  Rahasia Sukses Menembus SNM-PTN dengan Kekuatan Impian ini terdapat kekurangan serta kekeliruan untuk perbaikan dikemudian hari, semua saran dan kritik yang membangun semangat, kami terima dengan terbuka.




Nanggroe Aceh Darussalam
Direktur Utama,



Iswadi ,MPd










3 komentar:

  1. Ini buku saya RAHASIA SUKSES MENEMBUS SPMB DENGAN KEKUATAN IMPIAN, yang diterbitkan oleh penerbit andypubliser jogjakarta, tidak ada ijin dari saya atau dari penerbit utk mempublikasikan seolah olah ini ditulis oleh bimbel slc..dan kalau tidak dihapus dengan segera, bisa saya tuntut

    BalasHapus